Total Tayangan Halaman

Rabu, 22 Januari 2020

Materi TIK Kelas 7 semester 2 BELAJAR MS WORD PEMULA UNTUK MENAMBAH ATAU MEMULAI TEKS




Materi TIK Kelas 7 semester 2

BELAJAR MS WORD PEMULA
UNTUK MENAMBAH ATAU MEMULAI TEKS 

Insertion point atau sering juga kita sebut dengan “kursor” adalah garis vertikal yang berkedip pada dokumen Anda. Insertion point ini menunjukkan tempat dimana Anda memulai untuk mengetik atau memasukkan teks pada halaman. Penggunakan insertion point dapat dilakukan dengan beberapa cara:
§  Blank document – Ketika anda membuka dokumen baru dengan blank document, maka posisi insertion point berada pada sisi kiri atas dari halaman. Jika Anda ingin memulai mengetik dokumen dapat diawali dari sini.


Menambahkan spasi – untuk menambah spasi yang mungkin tertinggal pada pengetikan sebelumnya. Letakkan insertion point setelah kata pada lokasi spasi yang ingin Anda tambahkan, lalu tekan tombol spasi pada keyboard komputer Anda.


Baris pada paragraf baru – Setelah mengahiri kalimat pada satu paragraf, tekan tombol Enter pada keyboard untuk memindahkan insert point pada baris paragraf berikutnya.


§  Menempatkan secara manual – Setelah melakukan pengetikan ada kalanya Anda ingin melakukan pengeditan terhadap ketikan yang telah Anda buat. Anda dapat menggunakan mouse untuk memindahkan insert point ke tempat yang Anda inginkan dalam dokumen. Anda tinggal klik saja pada tempat yang diinginkan dalam dokumen dan insert point akan berpindah.


Pada dokumen baru blank document Anda dapat melakukan double-click untuk menempat insert point pada posisi yang Anda inginkan.


Untuk menyeleksi atau memilih teks

Sebelum memformat teks, hal yang pertama yang harus Anda lakukan adalah menyeleksi teks yang akan diformat, dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1.      Letakkan insert point disebelah teks yang ingin Anda format.
2.      Klik mouse dan tahan lalu geser sampai semua teks yang ingin Anda format terpilih.
3.      Lalu lepaskan mouse,Anda telah memilih teks, teks yang terpilih akan ter-highlight seperti terlihat pada gambar.



Anda juga dapat meggunakan shortcut :
§  double-click untuk memilih satu kata.
§  triple-click untuk memilih kalimat atau paragraf .
§  Ctrl + A untuk memilih seluruh dokumen.

Untuk menghapus teks

Ada kalanya kita harus menghapus beberapa bagian teks yang sudah kita tulis, bagaimana melakukannya. Pada artikel Belajar Ms Word ini saya menuliskan ada 3 cara menghapus teks, yaitu:
§  Jika teks yang ingin dihapus berada di sebelah kiri insert point Anda dapat menggunakan tombol Backspace pada keyboard
§  Jika teks yang ingin dihapus berada di sebelah kanan insert point Anda dapat menggunakan tombol Delete pada keyboard
§  Pilih teks yang ingin dihapus lalu tekan tombol Delete
Disamping ketiga cara di atas Anda juga dapat melakukannya dengan memilih teks yang ingin ganti, lalu ketik teks yang baru, otomatis teks yang lama akan terhapus digantikan dengan teks yang baru.

Menyalin dan memindahkan teks

Jika Anda ingin mengetik kata yang sama dengan yang sudah Anda ketik sebelumnya, apa yang harus dilakukan? Pada ms word Anda dapat meng-copi teks lalu menempelkannya pada tempat lain pada dokumen dan ini akan menghemat waktu mengetik Anda.

Untuk menyalin dan menempelkan teks (Copy – Paste)

Cara ini dilakukan untuk membuat duplikat teks dari teks yang sudah Anda ketik sebelumnya, dengan cara sebagai berikut:
1.      Pilih teks yang ingin Anda copy
2.      Klik perintah Copy pada tab HOME (Anda juga dapat melakukannya dengan menggunakan klik-kanan lalu pilih Copy)



3.      Lalu letakkan insertion point pada tempat yang Anda inginkan
4.      Klik perintah Paste pada tab HOME


Untuk memotong dan menempelkan teks (Cut and Paste)

Pada artikel Belajar Ms Word ini saya juga memperkenalkan bagaimana memindahkan teks yang sudah kita ketik ke tempat lain pada dokumen yaitu dengan memotong dan menempel teks, caranya adalah sbagai berikut:
1.      Silahkan pilih teks yang ingin Anda potong
2.      Pilih perintah Cut pada tab HOME

 
3.      Lalu letakkan insertion point pada tempat yang Anda inginkan
4.      Klik perintah Paste pada tab HOME

 
Untuk perintah-perintah di atas Anda juga dapat menggunakan shortcut pada keyboard:
§  Ctrl+X untuk perintah Cut;
§  Ctrl+C untuk perintah Copy dan;
§  Ctrl+V untuk perintah Paste.

Untuk menarik dan melepas teks (Drag and Drop)

Drag and Drop ini fungsinya sama dengan Cut and Paste yang sudah dijelaskan di atas, yaitu memindahkan teks ke tempat lain dalam dokumen, caranya adalah sebagai berikut:
1.      Pilih teks yang akan dipindahkan
2.      Klik dan tahan, lalu pindahkan ke lokasi yang Anda inginkan.
3.      Lepaskan mouse, teks akan muncul di tempat yang baru

Mencari dan Mengganti teks (Find and Replace)

Ketika kita ingin menemukan satu kata tertentu pada satu dokumen yang panjang, lalu Anda ingin menghitung jumlah kata tertentu tersebut dalam dokumen, atau bahkan Anda ingin mengganti semua kata tertentu itu sekaligus, bagaiamana cara melakukannya? Dalam tulisan Belajar Ms Word ini Saya juga memperkenalkan perintah Find and Replace.

Untuk menemukan teks (Find)

Perintah Find digunakan untuk menemukan teks, pada tulisan Belajar Ms Word ini saya menggunakan contoh artikel tentang Material Granular dan kita akan mencari kata “material” dalam dokumen itu, caranya adalah sebagai berikut:
1.      Klik perintah Find pada tab HOME yang berada pada bagian sebelah kanan.
2.      Navigation pane akan muncul disebelah kiri layar.


 
Ketik kata/ teks yang ingin Anda temukan, dalam contoh ini saya ingin mencari kata “material”. Ketikkan kata tersebut pada kotak pencarian dokumen pada bagian atas Navigation pane.

 
4.      Jika kata yang kita cari ditemukan, maka kata tersebut akan ditandai dengan warna kuning, dan tampilan hasil pencarian keseluruhan akan terlihat pada Navigation pane
5.      Jika kita memilih salah satu hasil pencarian pada Navigation pane, maka warna highlight pada kata akan terlihat keabu-abuan.
6.      Jika telah selesai silahkan klik tanda X untuk menutup Naviagation pane, dan tanda warna highlight pun akan hilang.
Perintah Find juga dapat diakses dengan menekan tombol Ctrl+F pada keyboard

Untuk mengganti teks (Replace)

Pada satu waktu Anda menemukan kesalahan ejaan atau istilah yang terjadi secara berulang pada ketikan Anda dan Anda ingin menggantinya, bagaimana cara melakukannya? Ya, pastinya membingungkan kalau harus dicari dan diganti satu persatu, melalui tulisan Belajar Ms Word ini juga saya memperkenalkan cara mengganti kesalahan ejaan/istilah pada keseluruhan dokumen sekaligus dengan perintah Find and Replace, Caranya adalah sebagai berikut:
1.      Pada tab HOME klik perintah Replace yang terletak pada bagian kanan
2.      Kotak dialog Find and Replace akan muncul
3.      Ketik kata/teks yang ingin Anda ganti pada kotak Find what, contoh pada artikel Belajar Ms Word ini saya ingin merubah kata “material”
4.      Ketik kata pengganti yang Anda inginkan, contoh pada artikel Belajar Ms Word ini saya ingin mengganti kata “material” menjadi “bahan”, lalu klik Find Next, word akan mencari kata pertama yang sesuai dengan pencarian dengan highlight warna abu-abu.
5.      Jika Anda tidak ingin merubah kata tersebut, silahkan klik lagi Find Next, word akan menampilkan kata berikutnya yang dicari dengan highlight warna abu-abu. Disini jika Anda ingin merubah teks silahkan klik Replace. Begitu seterusnya, teks direview satu per satu.
6.      Jika ingin mengganti keseluruhan kata/teks yang ada dalam dokumen yang Anda isi pada kota Find what dengan kata/teks yang Anda isi pada kotak Replace with maka Anda tinggal klik tombol Replace All, maka seluruh kata/teks akan digantikan dengan kata/teks yang baru.
Demikian Dasar-dasar membuat dan mengedit teks pada Belajar Ms Word ini, semoga bermanfaat. Silahkan dipraktekkan tahap demi tahap untuk memperlancar kemampuan Microsoft Word Anda. Selain itu Anda juga dapat mempelajari materi lainnya seperti cara membuat dokumen baru dan cara membuat nomor halaman di microsoft word. Jika ada pertanyaan/saran silahkan komen di bawah ini.

Selasa, 21 Januari 2020

Materi TIK Kelas 8 SMP Semester 2 Microsoft Excel 2


Materi TIK Kelas 8 SMP Semester 2
Microsoft Excel 2


Mengatur Alignment
 2. Blok sel A1 sampai dengan sel C1.


3. Klik Merger and Center
untuk menggabungkan sel A1 sampai dengan sel C1 dan membuat teks berada di tengah-tengah sel A1 sampai dengan C1.




4. Klik pilihan Align yang dibutuhkan.
 Klik Align Center
untuk membuat teks berada ditengah A3.




 Klik Align Text left
untuk membuat teks berada disebelah kiri.




 Klik Align Text Right untuk membuat teks berada disebelah kanan.




Menambah Garis Tebal
1. Kemudian kita akan membuat garis di sekitar lembar kerja, letakkan sel aktif di A2.


2. Blok (klik kiri mouse dan tekan) dari A2 sampai dengan C5.


3. Klik tombol Buttons, dan pilih garis yang sesuai. Untuk latihan ini kita memilih All Borders.


Mengatur Tampilan Tanggal dan Waktu
1. Ketikkan dokumen ini di lembar kerja anda.


2. Blok data dari sel B3 ke B8, kemudian atur format tanggal, dari Home > Format > Format Cell


3. Dari menu Format Cell pilih Date > Type lalu pilih format tanggal yang sesuai.


4. Kemudian klik “Ok”
5. Kemudian blok lagi di sel C3 sampai C8, lalu pilih Format Cell > Time, pilih jenis Time yang anda inginkan.

Mengatur format angka

1. Ketikkan dokumen berikut di lembar kerja anda:


2. Kemudian atur format tampilan seperti di bawah ini:

3. Blok dari sel C4 ke C12, Lalu pilih Format > Format Cell > Number.
Klik centang, pada “use 1000 separator” untuk menambah titik di setiap tiga angka 0.


4. Lalu klik Ok.

Operasi Penjumlahan
1. Ketik contoh di bawah pada lembar kerja Excel.


2. Tempatkan sel aktif di C2. Kita akan menjumlahkan Kolom 1 dan Kolom 2.
3. Pada sel C2, ketik rumus berikut ini.



4. Kerjakan bagian berikutnya (sel C3 sampai C6) dengan cara yang sama, yaitu menjumlahkan sel A dengan sel B.


Tip : Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada operasi penjumlahan.
 Jangan lupa menuliskan tanda = diawal proses perhitungan.
 Jangan sampai salah memasukkan sel yang akan dijumlahkan.
 Jangan lupa tanda + untuk menambahkan sel-sel yang akan dijumlahkan.

Operasi Pengurangan

1. Ketik contoh di bawah pada lembar kerja Excel.


2. Pengurangan dilakukan dengan mengurangi Kolom 2 dengan Kolom 1.


3. Kerjakan bagian berikutnya (sel C3 sampai C6) dengan cara yang sama, yaitu mengurangi sel B dengan sel A.


Materi pelajaran T.I.K Kelas 9 Semester Ganjil "Sistem Jaringan Internet", Senin 14 Oktober 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....  Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 9 hari ini Senin 14 Oktober 2...