Total Tayangan Halaman

Jumat, 11 September 2020

Materi Daring kls 9A " BAB 2 Sistem Jaringan Internet B.Jaringan Komputer (Jumat 11 September 2020)

A.     Jaringan Komputer

Tujuan :
-       Dapat memahami fungsi dan manfaat dari  jaringan komputer
-       Dapat mengklasifikasikan jenis-jenis jaringan komputer dan berbagai macam perangkat jaringan

1.      Jaringan komputer
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data, aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer. Tujuan dibangunnya jaringan antar komputer adalah agar informasi/ data yang dibawa pengirim (transmitter) dapat sampai kepada penerima (receiver) dengan tepat dan akurat.

Manfaat Jaringan Komputer
Manfaat Jaringan Komputer secara umum yang akan bisa didapatkan adalah sebagai berikut ini
1.      Jaringan Komputer dapat sharing resource (data, program, peripheral komputer)
2.      Jaringan Komputer media komunikasi efektif dan multimedia
3.      Jaringan Komputer memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien.
4.      Jaringan Komputer memungkinkan penyampaian lebih terpadu.
5.      Jaringan Komputer memungkinkan kelompok kerja berkomunikasi lebih efisien.
6.      Jaringan Komputer dapat menjaga keamanan data lebih terjamin (hak akses).
7.      Jaringan Komputer menghemat biaya pengembangan dan pemeliharaan.
8.      Jaringan Komputer membantu mempertahankan informasi agar tetap handal dan up to date.

Tujuan Jaringan
Berikut ini tujuan dari jaringan komputer:
1.      Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien
2.      Jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan upto-date.
3.      Jaringan membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing).
4.      Jaringan memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien.
5.      Jaringan membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif.

 

Jenis-jenis Jaringan

Berikut ini jenis – jenis jaringan berdasarkan pengelompokanya.

No

Berdasarkan Pola Pengoperasian/Fungsi

1.
1. Jaringan client-server
Client-server merupakan sebuah hubungan jaringan yang menggunakan prinsip pelayanan dan yang di layani.
2. Jaringan Peer to Peer
Peer to peer adalah kumpulan beberapa komputer yang biasanya tidak berjumlah banyak yang terhubung dalam jaringan untuk melakukan koneksi, berbagi data (sharing) dan memakai sumber daya ( resource ) komputer lain seolah itu komputer sendiri.

Berdasarkan Jangkauan

2.
LAN (Local Area Network)
LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.
MAN (Metropolitan Area Network)
Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.
WAN (Wide Area Network)
Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.
Internet
Internet merupakan jaringan komputer yang global atau mendunia. Karena Internet merupakan jaringan-jaringan komputer yang terhubung secara mendunia, sehingga komunikasi dan transfer data atau file menjadi lebih mudah.

Berdasarkan Media Transmisi

3.
Wire Network
Merupakan jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media penghantar. Pada sebuah network, media transmisi memegang peranan yang sangat penting, karena informasi atau data akan diangkut melalui media transmisi. Pada Wire Network, ada beberapa pilihan kabel yang dapat digunakan, yaitu kabel coaxial, kabel twisted pair (TP) dan kabel fiber optic.
Wireless (Tanpa Kabel)
Wireless merupakan Jenis Jaringan Komputer yang menggunakan media transmisi data tanpa menggunakan kabel. Media yang digunakan seperti gelombang radio, inframerah, bluetooth, dan microwave. Wireless bisa difungsikan kedalam jaringan LAN, MAN, maupun WAN. Wireless ditujukan untuk kebutuhan mobilitas yang tinggi.

2.    Perangkat Jaringan Komputer
Perangkat jaringan pada komputer merupakan alat pendukung untuk menjalankan tranformasi data sehingga perangkat bersangkutan dapat beroperasi. Sebuah komputer yang digunakan biasanya memerlukan beberapa alat sebagai pengirim data, misalnya router, wireless, wireless card, lan card dan masih banyak lagi yang lainnya.


No
Perangkat
Keterangan
1.
Modem
Modem merupakan perangkat keras yang dapat menghantarkan perubahan data sinyal menjadi analog untuk selanjutnya kembali menjadi data sinyal digital sehingga komputer dapat dijalankan.
2.
Hub
Hub pada komputer gunanya untuk membagi server ke jaringan lain, adapun kelemahan dari Hub ini ialah jika ia rusak maka transmisi jaringan ke komputer juga tidak dapat berjalan dengan begitu dia tidak dapat mengatur kecepatan data yang di kirimkan ke komputer lainnya.
3.
Repeater
Repeater merupakan perangkat jaringan untuk memperkuat sinyal. Perangkat repeater dapat memperkuat sinyal pada jarak jauh. Fungsi repeater adalah : 
1.   Memperluas Jangkauan Sinyal Server

Jadi, jika sebuah server menggunakan repeater maka sinyalnya akan bisa diakses lebih jauh oleh perangkat lain.Maksudnya adalah, dalam jarak yang lebih jauh sebuah perangkat bisa mengakses paket data dari server.
2.   Mempermudah Mengakses Sinyal WiFi

Dengan adanya repeater, maka banyak perangkat yang lebih mudah dalam mengakses wifi karena jaringan sudah diperkuat dengan menggunakan repeater.
3.   Meminimalisir Penggunaan Kabel Jaringan

Penggunaan repeater meminimalisir adanya kabel jaringan yang cukup banyak. Itu karena repeater memperkuat sinyal sehingga tidak memerlukan kabel untuk mengakses paket data.
4.
Router
Router adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan dua jaringan atau lebih sehingga pengiriman data dari satu perangkat ke perangkat lain bisa diterima. Router itu bisa menghubungkan network / jaringan yang menggunakan topologi seperti bus, star dan ring.
5.
NIC ( Network interface Card
NIC atau Network Interface Card merupakan kartu yang juga berperan penting bagi komputer. NIC biasanya ditanamkan pada komputer sehingga perangkat bisa terhubung dengan jaringan LAN. Adapun fungsi NIC ini membuat perangkat dapat terhubung dengan jaringan melalui koneksi kabel.

6.
Bridge
Perangkat Bridge ini berfungsi untuk memperluas jaringan ke bentuk jaringan lain yang lebih luas sehingga bisa dipergunakan pada perangkat lain. Dalam kinerja Bridge ini ia harus mengenali alamat MAC yang biasanya mentransmisikan sebuah data ke jaringan, baru kemudian bridge membuat tabel otomatis. Kelebihan perangkat bridge ini ialah ia bisa menentukan segmen mana yang akan di rooting atau disaring. 
7.

Kabel
Kabel merupakan penghantar arus dari dan ke sebuah perangkat. Ada banyak jenis kabel yang digunakan ke perangkat koputer dan biasanya berjenis Unshielded Twisted Pair (UTP) dan masih banyak lagi yang lainnya.
8.

Konektor
Konektor merupakan sebuah alat yang menghubungkan kabel dengan Network Adaptor. Keberadaan konektor ini juga sangat vital bagi perangkat komputer sebab jika tidak ada alat tersebut maka komputer juga tidak dapat dioperasikan dengan semestinya.
Ada beberapa jenis konektor yang biasa terpasang pada perangkat komputer, diantaranya ialah:
• Konektor RJ-45 digunakan untuk Kabel UTP
• Konektor BNC/T digunakan untuk Kabel Coaxial
• Konektor ST digunakan untuk Kabel Fiber Optic.
9.
Swith
Switch merupakan sebuah hardware yang fungsinya hampir sama dengan HUB, ia bisa membagi-bagi jaringan lokal ke banyak perangkat komputer. Sementara fungsi utamanya switch ini ialah untuk menerima sinyal, mengirimkan data jaringan dari server ke jaringan perangkat lain.
10.
Acces Point
Access Point kegunaannya mirip dengan router. Namun Access Point memiliki fungsi yang sebenarnya ialah untuk memancarkan Wireless sinyal yang dipancarkan dari router untuk membuat jaringan WLAN. Salah satu kelebihan Access Point ini adalah dapat tersambung langsung dengan broadband atau router.
11.
Wire Card
Wireless Data ini merupakan sebuah jaringan yang mampu menghubungkan dua device tanpa menggunakan kabel. Wireless Card dapat menghubungkan dua atau lebih perangkat komputer sehingga bisa saling terhubung melalui jaringan Wi-Fi dan tanpa menggunakan kabel. 
12.


Server
Server adalah sebuah komputer atau perangkat yang menyediakan layanan atau service pada client yang terhubung dengannya.
Biasanya komputer server dibekali dengan spesifikasi tinggi untuk prosesornya, seperti RAM 16GB dipadukan Intel Xeon. Kegunaan komputer server adalah sebagai penyedia data informasi yang nantinya akan dikirimkan dan juga disebarkan melalui jaringan.
13.
NAS
NAS adalah perangkat penyimpanan yang tersambung ke jaringan dan memungkinkan penyimpanan maupun pengambilan data dari lokasi terpusat untuk pengguna jaringan dan klien heterogen yang sah. Sistem NAS fleksibel dan terukur, yang berarti saat Anda memerlukan penyimpanan tambahan, Anda dapat menambahkannya ke perangkat yang Anda miliki. NAS layaknya seperti memiliki cloud pribadi di kantor. Lebih cepat, lebih murah, dan memberikan semua manfaat cloud publik di lokasi, memberi Anda kendali penuh.
14.

USB WiFi Adapter

USB WiFi Adapter atau biasa disebut juga dengan Wireless LAN Adapter adalah perangkat seukuran USB Flashdisk yang berguna untuk memberikan konektivitas WiFi di perangkat komputer yang tidak memiliki WiFi Card.
Wifi Adapter adalah alat yang dipakai pada perangkat komputer atau laptop agar dapat tersambung dengan koneksi Wifi yang tersedia di sekitarnya. Wifi adapter menggunakan gelombang radio saat melakukan proses pertukaran data. Selain untuk menangkap sinyal wifi, wifi adapter sekaligus dapat dipakai untuk memperkuat sinyal wifi yang ada.
15.

Gateway (Gerbang Jaringan)

adalah suatu perangat yang menghubungkan jaringan komputer yang satu atau lebih jaringan komputer dengan media komunikasi yang berbeda sehinga informasi pada saat jaringan komputer di alihkan akan berbeda dengan media jaringan yang berbeda.

Gateway juga dapat di artikan sebagai komputer yang daapat menghubungkan 2 buah jaringan atau lebih karena memiliki minimal 2 buah network interface. Untuk dapat menghubungkan 2 buah jaringan yang berbeda protokol nya, gateway harus mengkonversi setiap protocol yang berbeda pada setaip jaringan komputer sehingga dapat di hubungkan satu sama lain

Tugas :
Silahkan Siswa/i mencari dan membahas bagaimana cara memasang susunan kabel jaringan pada komputer dengan tipe Straight dan tipe overcroos...
kemudian tugas diketik / ditulis di buku catatan dan di beri nama lengkap, di foto kan, kirimkan foto tugas nya ke link goole form,,,

https://forms.gle/nZQsUcAE2hVqrYJp7















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi pelajaran T.I.K Kelas 9 Semester Ganjil "Sistem Jaringan Internet", Senin 14 Oktober 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....  Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 9 hari ini Senin 14 Oktober 2...