Materi Informatika Kelas 8 KD 2.2
3.5.2 KOLABORASI LEWAT TEMATIK.
Tujuan Pembelajaran :
Apersepsi :
Assalammualaikum Wr. Wb..
Semangat Pagi Siswa/i Sekalian.... mudah-mudahan kita semua bisa menghadiri dan mengikuti pembelajaran daring ini dengan baik dan dalam keadaan sehat wal-afiat. Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat Dhuha di awal waktu, agar tidak mengganggu jam pembelajaran smua. Saat nya kita masuki mata pelajaran INFORMATIKA Kelas 8A hari ini Kamis 11 Februari 2021,
D. Pengenalan Scratch, Bagian-bagian cara Download dari Internet
Apa Itu Scratch?
Scratch adalah bahasa pemrograman berbasis visual yang interaktif dan fun. Dengan scratch kita bisa membuat animasi, permainan, dan kreasi menarik yang lain. Scratch memudahkan programmer dalam membuat program tanpa perlu khawatir dengan penulisan sintaksis karena tidak perlu menulis kode. Hanya dengan drag and drop blok blok kode yang sudah di sediakan kemudian di susun dan membentuk sebuah logika yang bisa di jalankan sehingga menjadi program.
Bahasa pemrograman ini di buat oleh MIT MEDIA LAB dari Massachusetts Institute of Technology yang di rancang untuk pembelajaran anak umur 8 sampai 16 tahun. Meskipun begitu, setiap orang dari segala umur bisa menggunakan scratch sebagai media pembelajaran.
Bahasa pemrograman ini bisa menjadi pilihan programer pemula untuk berlatih computational thinking.
Tampilan nya akan seperti di bawah ini.
Jika ingin menggunakan versi desktop, kalian perlu mendownload Scratch Editor dan Adobe Air.
Lakukan instalasi seperti biasa sampai selesai. Tampilan nya akan seperti gambar di bawah ini.
Berikut ini Adalah Cara Mendownload Program Scratch
Ketik di alamat URL : scratch.mit.edu/download
klik pilihan nya sesuai dengan perangkat anda Windows/Apel/Android
Scratch Development Environment
Berkenalan dengan lingkungan pengembangan scratch! tempat dimana membuat program kreatif menggunakan logika pemrograman tanpa perlu pusing dengan syntax error.
Apa saja fungsi fungsi yang terdapat di dalam scratch? simak pembahasan nya di bawah ini.
Canvas
Canvas (SDE 0.1)
Blok blok kode yang sudah kalian rancang akan berjalan atau tampil di canvas (bisa juga di sebut window). Di dalam canvas terdapat logo bendera hijau dan lingkaran merah yang berfungsi untuk menjalankan dan memberhentikan program.
Sprite
Sprite Default (SDE 0.2)Sprite adalah gambar atau objek yang bisa di program. Pada (Gambar SDE 0.1) gambar kucing adalah sprite default.
Sprite ini akan berisikan blok blok perintah yang di rancang agar menjadi interaktif, seperti bergerak, memiliki suara, dan lain lain.
Menu New Sprite (SDE 0.3)
Kalian juga bisa mengganti dan menambah sprite di menu New sprite dan pilih Choose sprite from library. Di sana akan ada banyak pilihan sprite yang telah disediakan scratch. Lihat (Gambar SDE 0.4)
Atau bisa juga menggunakan sprite di luar scratch. Pilih menu Upload sprite from file. (Gambar SDE 0.3)
Backdrop dan Stage
Backdrop adalah gambar latar belakang pada canvas. Backdrop bisa di ganti di bagian Stage yang terletak sebelah kiri dari tempat sprite.
Lihat di (Gambar SDE 0.5)
Pada menu New backdrop kalian bisa pilih backdrop yang sudah di sediakan scratch, yaitu di Choose backdrop from library lihat (Gambar SDE 0.6)
Atau bisa juga memilih backdrop yang ada di luar scratch. Pilih “upload backdrop from file”.
Stage dapat di isi blok blok perintah, kecuali block motion.
(SDE 0.6)Script
Scripts adalah kumpulan blok blok perintah yang akan kalian gunakan untuk memprogram. Masing masing blok memiliki fungsi fungsi yang berbeda. (Gambar SDE 0.7)
Motion Blocks di gunakan untuk menggerakan sprite, seperti perintah “move 10 step”. Perintah tersebut menggerakan sprite sebanyak 10 langkah.
Looks Blocks digunakan pada segala sesuatu yang berhubungan dengan tampilan pada program. Misalnya mengganti kostum pada sprite atau mengganti backdrop.
Sound Blocks digunakan untuk memberikan suara pada sprite ataupun stage. Seperti contoh memberikan suara pada kucing dan memberi backsound pada program.
Pen Blocks di gunakan untuk memberikan jejak pada sprite ketika sprite tersebut bergerak.
Data Blocks digunakan untuk menyimpan data pada program menggunakan variabel. Contoh penggunaan nya seperti pada game bola, dimana game terserbut perlu menyimpan score pemain. Variabel lah yang akan menyimpan score tersebut dan menampilkan nya di canvas.
Contoh Block Event
Event Blocks adalah salah satu blok yang sangat penting dalam membuat program, karena di dalam nya ada perintah When green flag clicked yang artinya ketika bendera hijau pada canvas di klik, semua script di dalamnya akan di eksekusi.
Blok ini berfungi untuk men trigger script agar berjalan.
Contoh Block Control
Control Blocks digunakan untuk mengontrol script. Script dapat di kontrol dengan perintah seperti repeat 10 yang artinya ulangi script di dalam repeat sebanyak 10 kali.
Contoh Block Sensing
Sensing Blocks digunakan untuk mendeteksi objek.
Contoh Block Operators
Operators Blocks digunakan untuk melakukan operasi matematika.
Intruksi: Rangkumlah Materi Diatas Untuk Bahan Pembelajaran Praktikum dalam Menggunakan Program Scratch Di rumah..
Kirimkan Hasil Rangkuman dan Foto Selfie Sedang Merangkum Via WA keapada Guru Mapel..
Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan tanyakan langsung kepada guru mapel..
Wassalammualaikum Wr Wb Terimakasih...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar