Total Tayangan Halaman

Senin, 02 September 2024

Materi Pembelajaran Informatika Kelas 8 Semester Ganjil "Teknologi Informasi & Komunikasi", Senin 2 September 2024

Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian...
Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 8 hari ini Senin 2 September 2024, Pada  Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang
"Berpikir Komputasional". Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,. 

 

BAB 3 : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Fase    : D

CP       : Peserta didik mampu memahami :


Alur Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu :

Peserta didik mampu memahami cara kerja dan penggunaan mesin  pencari di internet; mengetahui  kredibilitas sumber informasi  digital dan mengenal ekosistem media pers digital; membedakan  fakta dan opini; memahami pemanfaatan perkakas teknologi  digital untuk membuat laporan, presentasi, serta analisis dan interpretasi data; mampu  mendeskripsikan komponen, fungsi, dan cara kerja komputer;  memahami konsep dan penerapan

konektivitas jaringan lokal dan internet baik kabel maupun nirkabel; dan mengetahui jenis ruang publik virtual; memahami pemanfaatan media digital untuk produksi dan diseminasi konten.  Peserta didik mampu memahami  pentingnya menjaga rekam jejak  digital, mengamalkan toleransi  dan empati di dunia digital,  memahami dampak perundungan  digital, membuat kata sandi yang  aman, memahami pengamanan  perangkat dari berbagai jenis malware, memilah informasi yang  bersifat privat dan publik,  melindungi data pribadi dan  identitas digital, serta memiliki  kesadaran penuh (mindfulness)  dalam dunia digital.

Tujuan Pembelajaran:

  1. Memahami struktur  dari  konten dan fitur  utama aplikasi pengolah kata pengolah lembar kerja , dan presentasi.
  2. Membuat laporan  dengan menyalin dan memindahkan konten dari  dari  satu aplikasi ke aplikasi lain yang dirancang sebagai satu paket aplikasi, yaitu aplikasi perkantoran.
  3. Merangkum, mengevaluasi, dan menyimpulkan beberapa bahan bacaan dalam bentuk digital (file) yang berbeda  format, dan Merefleksikan  isinya.
  4.   Menggunakan laboratoíium maya untuk eksplorasi dan belajar mandiri dalam menunjang mata pelajaran lainnya.

Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi
(Pertemuan 1) 
 

Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi

Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (disingkat aplikasi) adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri.

Aplikasi biasanya digunakan oleh pengguna, yang biasanya disebut end-user.

Aplikasi hanyalah sebuah program yang harus dikendalikan oleh pengguna, jadi ya kita sebagai pengguna harus tahu dulu kegunaan aplikasi tersebut apa dan tujuannya untuk apa.

Objek Aplikasi

Setiap aplikasi mempunyai objek utama yang dikelola, misalnya:

  • Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang terutama terdiri atas teks yang berada dalam halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lain-lain.
  • Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang di dalamnya dapat berisi angka, teks, formula (rumus), dan lain-lain.
  • Aplikasi presentasi digunakan untuk mengelola sekumpulan slides untuk mempresentasikan sesuatu kepada orang lain, yang utamanya berisi teks dan gambar, dll.

Objek aplikasi akan disusun secara terstruktur dan mempunyai hubungan satu sama lain. Objek atau potongan objek dari sebuah aplikasi dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain, baik dalam ataupun luar program itu sendiri.

Untuk memindahkan objek kita bisa menggunakan perintah cut atau copy dan paste. Objek utama aplikasi diolah sementara pada jendela aplikasi yang terbuka dan hanya ketika jendela aplikasi itu terbuka saja.

Ketika kita menutupnya maka ya hilang, oleh karena itu ada fitur save, sehingga kita bisa menyimpan dalam bentuk file untuk dibuka kembali kemudian hari.

Setiap file yang dibuat oleh aplikasi tentu akan memiliki ekstensi yang berbeda-beda ya, misalnya:

  1. File dari aplikasi pengolah kata disimpan dalam format .doc, .docx. .rtf, .odt, atau format lainnya.
  2. File dari aplikasi pengolah lembar kerja disimpan dalam format .xls, .xlsx, .ods, .csv atau format lainnya.
  3. File dari aplikasi pengolah bahan presentasi (slides) disimpan dalam format .ppt, .pptx, .odp atau format lainnya.
  4. File gambar dengan representasi data berupa bitmap yang disimpan dalam format .png, .bmp, .jpeg.
  5. File gambar dengan representasi data berupa vektor yang disimpan dalam format .svg.
  6. File .PDF adalah file dalam format yang portabel, dan dapat diproses oleh aplikasi apa pun.
  7. File teks murni, hanya dalam deretan karakter yang disimpan dalam format .txt atau .html (siap ditampilkan oleh web browser).

Fitur Aplikasi

Setiap aplikasi pasti memiliki fitur-fitur tersendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Untungnya antarmuka kebanyakan aplikasi itu mirip-mirip karena sudah berbasis GUI (Graphical User Interface).

Fitur Cut, Copy, dan Paste adalah fitur yang paling populer digunakan dari jaman purba sampai sekarang hehe.

Sejarahnya sih diinspirasi dari praktik tradisional dalam pengeditan naskah yang diketik pada sebuah kertas, di mana orang memotong (cut) paragraf dari halaman dengan gunting dan menempelkannya ke halaman lain (paste).

Pada aplikasi komputer perintah Cut memindahkan teks atau objek lain ke dalam clipboard atau buffer yang berupa tempat penyimpan sementara. Perintah Paste akan memindahkan objek dari clipboard tersebut menuju ke dokumen tujuan.

Perintah Copy akan menyalin teks atau objek lain yang disorot ke dalam clipboard dan akan memindahkan objek dari clipboard tersebut menuju ke dokumen tujuan. Selain tiga fitur tadi, ada juga fitur Screen Shot dan Snipping Tools.

Screen shot digunakan untuk menangkap layar, pada platform Windows dapat menggunakan tombol [PrtScr] kemudian paste ke jendela yang sedang aktif, nah nanti hasilnya akan tampil sesuai dengan tampilan jendela yang ditangkap dalam berupa gambar.

Kelemahannya, hasilnya seluruh layar akan tertangkap dan harus crop (potong) manual kalau inginkan bagian tertentu saja. Selain menggunakan screen shot, kita bisa juga gunakan snipping tools.

Fungsinya sih sama buat ngambil tangkapan layar, tapi lebih leluasa dalam memilih bagian yang diinginkan.

Analisis Aplikasi Pengolah Kata

Nah sekarang kita akan analisis isi dari aplikasi pengolah kata yaitu Microsoft Word. Ada banyak objek-objek yang bisa kita temukan pada Ms. Word ini, berikut rincinya:

Laboratorium Maya

Laboratorium Maya adalah laboratorium yang dibuat secara maya dengan menggunakan komputer. Laboratorium maya pertama hadir dengan nama Virtual Laboratory of Physiology pada tahun 1977.Laboratorium ini terus berkembang dari ilmu fisiologi ke ilmu hayat, ilmu pengetahuan umum, seni, dan sastra.Pada tahun 2000, proyek ini dimasukkan ke dalam proyek penelitian The Experimentalization of Life, yang didanai oleh Volkswagen Foundation. Pada tahun 2002, versi pertama dari Laboratorium Virtual online.

Penggunaan laboratorium maya ini lebih simple ya karena online, tapi tetap memiliki kelemahan. Berikut ini perbandingan antara laboratorium maya dan fisik:

Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi pelajaran T.I.K Kelas 9 Semester Ganjil "Sistem Jaringan Internet", Senin 14 Oktober 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....  Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 9 hari ini Senin 14 Oktober 2...