Assalammualaikum Wr. Wb..
Semangat
Pagi Siswa-siswi Sekalian...
Saatnya
kita masuki pembelajaran TIK Kelas 7 hari ini Jum'at 13 September 2024,
Pada
Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,.
BAB 3 : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Elemen 3 : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Capaian Pembelajaran :
- Siswa mampu mengenal Internet dan jaringan lokal, komunikasi data via telepon seluler, konektivitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, internet), dan memahami enkripsi untuk memproteksi data, serta mampu melakukan koneksi perangkat ke jaringan lokal maupun internet yang tersedia.
Alur Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu :
- Siswa mampu menjelaskan antarmuka pengguna berbasis grafis.
- Siswa mampu menjelaskan komponen-komponen penyusun antarmuka berbasis grafis.
- Siswa mampu menentukan komponen antarmuka grafis yang diperlukan.
TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI
(Pertemuan 6)
Pengenalan Antarmuka
Pengguna / Graphical User
Interface
Graphical User Interface (GUI) adalah sebuah antarmuka atau interface yang memungkinkan pengguna dapat berinteraksi dengan sebuah perangkat. Dapat dikatakan bahwa GUI adalah komponen visual yang interaktif pada software komputer.
GUI sendiri merupakan antarmuka sistem operasi berbasis grafis seperti ikon, tombol, menu, dan representasi visual lainnya untuk mendukung interaksi pengguna dengan sistem.
Apa perbedaan GUI dan CLI?
CLI atau command line interface adalah program baris perintah yang menerima input teks untuk menjalankan fungsi sistem operasi. CLI juga disebut dengan antarmuka berbasis teks (text-based interfaces).
Sedangkan GUI atau graphical user interface menjalankan fungsi sistem melalui input yang diterima oleh elemen grafis yang digunakan di antarmuka.
Selain perbedaan mendasar tersebut, berikut perbedaan lain antara GUI dan CLI:
No |
Objek |
Sub-objek |
Fitur |
1 |
Windows |
Title Bar |
Untuk menggeser-geser jendela. |
Slide Bar (horizontal, vertical) |
Menggeser Isi jendela. |
||
Menutup |
Keluar dari aplikasi yang ditampilkan melalui jendela tersebut. |
||
Menubar |
Berisi deretan pilihan. Setiap pilihan dapat disertai dengan sub-pilihan. |
||
Button |
Tombol, yang jika diklik akan mengaktifkan sesuai tergantung fungsinya. Tombol yang sering muncul adalah:
|
||
Radio Button |
Memilih salah satu saja |
||
Checkbox |
Memilih banyak pilihan |
||
Text box |
Mengisikan teks |
||
Hyper link atau link |
Jika diklik akan membuka halaman atau file yang dilink sesuai dengan yang tertera |
||
2 |
Dialog |
Dialog modal |
Harus diselesaikan dan ditutup untuk melanjutkan tugas yang tertunda. |
Dialog non modal |
Dialog dapat tetap aktif bersamaan dengan jendela sebelumnya juga aktif |
||
3 |
Mouse |
|
Menggeser kursor |
Klik kiri untuk mengaktifkan suatu fungsi atau aplikasi |
|||
Klik kanan untuk memunculkan pilihan yang tersedia pada posisi kursor |
|||
4 |
Touchpad |
|
Menggeser kursor |
Memilih |
|||
5 |
Papan kunci |
|
Mengetik untuk mengenali type huruf (kapital, huruf kecil, angka, karakter khusus), huruf kelihatan, tidak kelihatan |
|
Mengetik untuk mengenali type huruf, huruf kelihatan, tidak kelihatan |
||
|
Mengetik untuk memahami jenis tombol kontrol yang ada pada |
Latihan:
Pada aktivitas ini, kalian berlatih mengenali jenis-jenis objek pada antarmuka berbasis grais (GUI).
Apa yang Kalian Perlukan?
• Komputer/ponsel yang telah terpasang sistem operasi..
Apa yang Harus Kalian Lakukan?
• Bukalah aplikasi kalkulator pada komputer/ponsel kalian..!
•
Hitunglah ekspresi berikut, sambil mencoba berinteraksi..!
Bukalah
Kalkulator / komputer, kemudian lakukanlah aktifitas dengan mengelola
perangkat pengenalan antar muka tersebut sesuai dengan keterangan /
fungsinya pada tabel diatas dengan didampingi guru bidang study...!
Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar