Total Tayangan Halaman

Selasa, 28 Oktober 2025

Materi Pelajaran INFORMATIKA Kelas 9 Semester Ganjil "Diseminasi Konten Digital", Selasa 28 Oktober 2025

Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian... 

Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 9 hari ini Selasa 28 Oktober 2025, Pada  

Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang "Diseminasi Konten Digital"Silahkan

dibaca dan dipahami materinya

serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,. 

 

Elemen  : Literasi Digital

MA 2      : TIK 

Fase      : D

CP         : Memahami cara kerja dan penggunaan mesin pencari di internet; mengetahui kualitas informasi dan kredibilitas sumber informasi digital; mengenal ekosistem media pers digital; membedakan fakta, opini, dan hoaks; memahami pemanfaatan perangkat teknologi pengolah dokumen, lembar kerja, dan presentasi; mampu mendeskripsikan komponen, fungsi, dan cara kerja komputer; memahami konsep dan penerapan konektivitas jaringan lokal dan internet baik kabel maupun nirkabel; mengetahui jenis ruang publik virtual; memahami pemanfaatan perangkat teknologi digital untuk produksi dan diseminasi konten; memahami pentingnya menjaga rekam jejak digital, mengamalkan toleransi dan empati di dunia digital, memahami dampak perundungan digital, membuat kata sandi yang aman; memahami pengamanan perangkat dari berbagai jenis malware, memilah informasi yang bersifat privat dan publik, melindungi data pribadi dan identitas digital serta memiliki kesadaran penuh (mindfulness) dalam dunia digital.

Tujuan Pembelajaran : 

  • Peserta didik mampu memahami pemanfaatan media digital untuk produksi dan diseminasi konten

Alur Tujuan Pembelajaran : 

  • Peserta didik mampu mengidentifikasi platform media digital untuk diseminasi konten (misalnya, media sosial ataupun website)

Metode Pembelajaran : 
Best Learning 

Materi : 
Diseminasi Konten Digital

 Konten Digital
(Pertemuan 1)

 
2. Produksi Konten Digital
Proses ini mencakup tahap perencanaan, pembuatan, dan penyuntingan. 
  • Perencanaan:
    • Menentukan tujuan: Apa pesan yang ingin disampaikan? Apakah untuk menginformasikan, menghibur, atau memengaruhi?
    • Mengenali audiens: Siapa target penontonnya? Apa minat dan kebutuhan mereka?
    • Memilih format: Teks, video, atau infografis? Pilihan format bergantung pada tujuan dan audiens.
  • Pembuatan:
    • Alat dan perangkat lunak: Menggunakan aplikasi pengolah kata, presentasi, pengolah foto, atau penyunting video.
    • Praktik produksi: Belajar teknik dasar pengambilan gambar dengan kamera ponsel, merekam suara, atau mendesain infografis.
  • Penyuntingan (Editing):
    • Memperbaiki dan menyempurnakan konten yang sudah dibuat, misalnya memotong video, menambahkan teks, atau memperbaiki kualitas gambar. 

3. Diseminasi Konten Digital
Diseminasi atau penyebaran konten adalah langkah penting agar konten dapat menjangkau audiens. 
  • Memilih platform yang tepat:
    • Blog atau situs web: Cocok untuk konten berbasis teks dan laporan, bisa menjadi ruang pajang digital pribadi.
    • Media sosial: Facebook, Instagram, TikTok, atau X (sebelumnya Twitter) efektif untuk menjangkau audiens yang luas dengan berbagai format konten.
    • Platform video: YouTube untuk konten video seperti vlog.
    • Platform berbagi dokumen: Scribd atau SlideShare untuk presentasi dan dokumen lainnya.
  • Menerapkan strategi diseminasi:
    • Mengunggah konten secara rutin.
    • Menggunakan tagar atau kata kunci yang relevan agar konten mudah ditemukan.
    • Memanfaatkan fitur-fitur platform untuk meningkatkan visibilitas, seperti kolaborasi atau promosi. 

4. Etika dan Keamanan dalam Pemanfaatan Media Digital
Siswa harus memahami cara menggunakan media digital secara bertanggung jawab.
  • Etika digital:
    • Menghargai hak cipta orang lain dengan tidak menjiplak konten.
    • Menjaga etika saat berinteraksi di ruang publik virtual.
    • Tidak memproduksi atau menyebarkan konten yang berbahaya atau tidak pantas.
  • Keamanan digital:
    • Menjaga data pribadi agar tidak disalahgunakan.
    • Waspada terhadap konten deepfake yang dapat memanipulasi gambar atau video.
    • Memahami bahwa tidak semua informasi yang tersebar di media digital adalah benar (literasi kritis). 

Proyek Pembelajaran
Sebagai contoh proyek, siswa dapat membuat:
  • Vlog tentang hobi: Merekam dan menyunting video singkat tentang hobi atau aktivitas sekolah.
  • Infografis edukasi: Membuat infografis sederhana tentang topik pelajaran tertentu untuk dipublikasikan di blog kelas.
  • Kampanye media sosial: Merancang serangkaian konten (teks, gambar) untuk menyebarkan informasi positif di media sosial sekolah atau pribadi. 

  • Pengertian konten digital: Segala jenis informasi atau media yang dibuat, disimpan, dan disebarkan dalam format digital, seperti teks, gambar, video, dan audio.
  • Jenis-jenis konten digital:
    • Teks: Artikel blog, unggahan media sosial, e-book.
    • Visual: Foto, infografis, slide presentasi.
    • Audio: Podcast, musik, efek suara.
    • Audio-Visual: Video blog (vlog), film pendek, tutorial video. 
  • Latihan:
    Praktikkanlah pada komputermu bagaimana cara membuat suatu blog dan ikutilah petunjuk atau arahan dari guru mapel terhadapmateri yang sedang dibahas atau jelaskan...!

    Silahkan di lengkapi Materi Pelajari diatas sebagai bahan pembelajaran Informatika Pertemuan  ini..
    Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
    Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....
     


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Materi Pelajaran INFORMATIKA Kelas 7 Semester Ganjil " Aplikasi Lembar Kerja Pengolah Data", Selasa 28 Oktober 2025

    Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian... Saatnya kita masuki pembelajaran INFORMATIKA Kelas 7 hari ini Selasa Selas...