Total Tayangan Halaman

Selasa, 15 Juli 2025

Materi Pelajaran INFORMATIKA Kelas 9 Semester Ganjil "Informatika dan Keterampilan Generik", Selasa 15 Juli 2025

Materi TIK-Informatika Kelas 9

Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian.... 

Saatnya kita memasuki pembelajaran Informatika Kelas 9 hari ini Selasa 15 Juli 2025, Pada  Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang INFORMATIKA Dan KETERAMPILAN GENERIK. Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,. 

 

CP:   Pada akhir Fase D, peserta didik mampu... (CP Elemen disesuaikan dengan Bab 1) menerapkan berpikir komputasional secara mandiri, menggunakan berbagai aplikasi untuk berkomunikasi, mencari, dan mengelola konten informasi, serta bergotong royong untuk menciptakan produk dan menjelaskan karakteristik serta fungsi produk dalam laporan dan presentasi.

 

ELEMEN : 9.1 INFORMATIKA Dan KETERAMPILAN GENERIK

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu : 

  1. Menjelaskan keterkaitan antar elemen Informatika melalui refleksi pengalaman belajar di kelas VII dan VIII. 
  2. Mampu secara kolaboratif merangkum keberlanjutan konsep Informatika dalam bentuk peta pikiran (mind map). 
  3. Mengomunikasikan hasil kerja kelompok dalam sebuah poster peta pikiran dengan visualisasi yang baik.
  4. Merencanakan kegiatan pembelajaran satu tahun di kelas IX dengan arahan dari guru.

Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (IKTP):

Mempelajari Benang Merah Alur Tujuan Pembelajaran Informatika Fase D: Berpikir Komputasional, Teknologi Informasi Komunikasi, Sistem Komputer, Jaringan Komputer dan Internet, Analisis Data, Algoritma Pemrograman, Dampak Sosial Informatika, Praktik Lintas Bidang. Mempelajari Peta Pikiran: Apa itu Peta Pikiran? Dan Praktik Baik Pembuatan Peta Pikiran.
BAB 1  Dasar-dasar penggunaan / Pengenalan internet/intranet
 
Informatika adalah bidang ilmu yang mempelajari studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut. Secara sederhana, informatika berfokus pada pemrosesan informasi dengan memanfaatkan teknologi komputer, dan menjadi dasar dari banyak teknologi yang kita gunakan sehari-hari di era digital ini. 

Informatika mencakup berbagai aspek, termasuk:


  • Pemrosesan data: Bagaimana data dikumpulkan, disimpan, diolah, dan ditampilkan menggunakan komputer. 
  • Pembuatan perangkat lunak: Pengembangan aplikasi dan program komputer untuk berbagai keperluan. 
  • Sistem informasi: Perancangan dan penerapan sistem yang mengelola informasi dalam suatu organisasi. 
  • Jaringan komputer: Mempelajari cara menghubungkan perangkat komputer dan berbagi informasi. 
  • Kecerdasan buatan: Pengembangan sistem yang dapat meniru kecerdasan manusia, seperti pengenalan wajah dan suara. 
  •  Analisis data: Mengolah data dalam jumlah besar untuk mendapatkan informasi yang berguna. 

 Informatika memiliki peran penting dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk:

  1. Kesehatan: Sistem informasi kesehatan yang akurat dan cepat membantu tenaga medis dalam memberikan layanan terbaik. 
  2. Olahraga: Analisis data dan informasi statistik untuk meningkatkan performa atlet. 
  3. Bisnis: Mendukung pengambilan keputusan dan inovasi melalui analisis data dan sistem informasi yang terintegrasi. 
  4. Pendidikan: Memudahkan proses pembelajaran dan pengembangan keterampilan komputer. 
  5. Hiburan: Pembuatan visualisasi 2D dan 3D, simulasi, dan realitas virtual dalam produksi animasi, film, dan game. 

Secara keseluruhan, informatika merupakan bidang yang dinamis dan terus berkembang, memberikan kontribusi signifikan terhadap kemajuan teknologi dan kehidupan manusia. 

Kesimpulan
Informatika adalah bidang yang sangat luas dan kompleks, yang mencakup berbagai disiplin ilmu mulai dari ilmu komputer, ilmu informasi, sistem informasi, hingga teknik komputer. Melalui pemahaman yang mendalam tentang pengertian informatika serta manfaat dan aplikasinya dalam berbagai bidang, kita dapat menyadari betapa pentingnya peran informatika dalam kehidupan sehari-hari. Dari bidang kesehatan hingga ekonomi, informatika telah memberikan kontribusi besar dalam memajukan teknologi dan meningkatkan kualitas hidup.


Salinlah Materi Tugas Pembelajaran pada lembar kerja / buku rangkuman TIK-Informatika masing-masing sebagai acuan bahan pembelajaran...

Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....

Materi Pelajaran Informatika Kelas 7 Semester Ganjil "INFORMATIKA", Selasa 15 Juli 2025

Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian...
Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 7 hari ini Selasa 15 Juli 2025, Pada  Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang
"Informatika Dan Keterampilan Generik". Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,. 

 

BAB : 1. "Informatika Dan Keterampilan Generik"

Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk :

  • Memahami Informatika dan mengetahui pentingnya ilmu Informatika.
  • Membuat perencanaan kerja kelompok dengan baik
  • Mengomunikasikan hasil kerja dengan presentasi dan visualisasi dengan baik.

"Informatika Dan Keterampilan Generik"
(Pertemuan 1)

1. Apa dan Mengapa Perlu Belajar Informatika..?

Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut. Komputasi adalah ilmu yang berkaitan dengan pemodelan matematika dan penggunaan komputer untuk menyelesaikan masalah-masalah sains. Istilah informatika sepadan dengan istilah dalam bahasa Inggris informatics, computing, atau computer science.

Informatika mencakup pemodelan dari komputasi dan aplikasinya dalam pengembangan Sistem Komputer. Apa itu komputasi..?
Komputasi adalah:
(1) Penghitungan dengan menggunakan komputer;
(2) Dalam matematika, penghitungan dengan menggunakan bilangan-bilangan atau perubah-perubah yang dilaksanakan berdasarkan urutan langkah yang diberikan.

Peserta Didik akan mempelajari bidang-bidang pengetahuan informatika, yang dikelompokkan menjadi :
1. Berpikir Komputasional: dalam materi ini, Peserta Didik akan belajar menyelesaikan persoalan-persoalan sehari-hari yang di baliknya mengandung berbagai macam konsep keilmuan seperti informatika, matematika, sains, atau ilmu sosial.

2. Teknologi Informasi dan Komunikasi: dalam bagian ini, Peserta Didik akan belajar cara membuat karya digital, berkomunikasi via surel, menggunakan peramban untuk mencari informasi, serta mengelola file dalam folder.

3. Sistem Komputer: dalam materi ini, Peserta Didik akan belajar mengenai deinisi komputer, Komputasi dan sistem komputasi, bagian-bagian utama komputer dan fungsinya, interaksi perangkat keras dan perangkat lunak dengan piranti lain yang terhubung.

4. Analisis Data: dalam bagian ini, Peserta Didik akan belajar tentang pengelolaan dan penyajian data bervolume kecil untuk tujuan tertentu.

5. Algoritma dan Pemrograman: dalam materi ini, Peserta Didik akan belajar membuat program dengan menggunakan blok visual untuk menghasilkan suatu karya kreatif.

6. Dampak Sosial Informatika: dalam materi ini, Peserta Didik akan belajar mengenai sejarah perkembangan, peranan, dan dampak positif maupun negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan sehari- hari.

Pengantar Keterampilan Generik

Dalam konsep kurikulum informatika, dikenal adanya 7 aspek praktika lintas bidang, di mana 2 di antaranya bersifat umum dan akan dipraktikkan di mana-mana. Tentunya, tidak semuanya harus dipraktikkan sekaligus pada satu aktivitas.

Tujuh aspek praktika informatika itu adalah seperti berikut.
Membina budaya kerja masyarakat digital dalam tim yang inklusif.
Berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema Komputasi.
Mengenali dan mendeinisikan persoalan yang penyelesaiannya dapat didukung dengan sistem komputasi.
Mengembangkan dan menggunakan abstraksi.
Mengembangkan artefak komputasi, misalnya membuat program sederhana untuk menunjang model komputasi yang dibutuhkan di pelajaran lain.
Mengembangkan rencana pengujian, menguji, dan mendokumentasikan hasil uji artefak komputasi.
Mengomunikasikan suatu proses, fenomena, solusi TIK dengan mempresentasikan, memvisualisasikan, dan memperhatikan hak kekayaan intelektual.

Bekerja dalam kelompok akan mencakup hampir semua aspek tersebut dan hasil kerja kelompok akan dipaparkan, baik secara lisan, menjadi bahan presentasi, poster, atau karya lainnya. Di zaman digital, komunikasi grafis visual memudahkan informasi tersampaikan. Oleh karena itu, Peserta Didik perlu berlatih berkomunikasi lisan, tertulis, maupun menyiapkan bahan paparan dalam bentuk grafis



 

Materi Pelajaran INFORMATIKA Kelas 7 Semester Ganjil " Aplikasi Lembar Kerja Pengolah Data", Selasa 28 Oktober 2025

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian... Saatnya kita masuki pembelajaran INFORMATIKA Kelas 7 hari ini Selasa Selas...