Assalammualaikum Wr. Wb..
Semangat
Pagi Siswa-siswi Sekalian....
Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 8 hari ini Senin 23 Oktober 2023, Pada Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang Pengenalan Algoritma dan Flowchart Pemrograman. Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,.
SK : Algoritma dan Flowchart Pemrograman
KD :
3.4.Memahami bahwa bagaimana manusia berinteraksi dengan komputer melalui algoritma, dan bahwa algoritma dirancang untuk mengeneralisasi solusi berbagai situasi
4.2.Mendefinisikan variabel, menyimpan data dan mengubahnya.
4.3.Memakai instruksi kondisional
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu :
- Siswa mengenal lingkungan eksekusi : pelaku, primitf gerakan, menuliskan instruksi JIka tidak ada robot, dapat menggunakan benda- benda yang ada
- Siswa mampu menjelaskan konsep otomasi dan apa yang dilakukan oleh robot
- Siswa mampu mendefinisikan variabel, memori dan memanipulasi nilai/value
- Siswa mampu memprogram robot yang mengenal kondisi
Indikator Pembelajaran :
- Siswa mengenal lingkungan eksekusi : pelaku, primitf gerakan, menuliskan instruksi JIka tidak ada robot, dapat menggunakan benda- benda yang ada
- Siswa mampu menjelaskan konsep otomasi dan apa yang dilakukan oleh robot
- Siswa mampu mendefinisikan variabel, memori dan memanipulasi nilai/value
- Siswa mampu memprogram robot yang mengenal kondisi
Pemahaman Algoritma dan Flowchart Pemrograman
(Pertemuan 1)
Kata algoritma sendiri terdengar terlalu kompleks, walaupun dia sebenarnya punya pengertian yang gampang.
Algoritma adalah rangkaian instruksi komputer untuk melaksanakan tugas atau menyelesaikan suatu masalah menggunakan alur logis.
Ibaratkan komputer adalah otak kita. Tiap hari sejak kita bangun sampai mau tidur lagi akan ada banyak aktivitas yang dikerjakan. Nah, dalam menjalankannya, otak kita otomatis akan menyusun langkah-langkah apa saja yang harus diikuti biar kerjaan beres.
Misalnya nih, kamu mau bikin kopi instan karena nggak mau repot. Langkah-langkahnya kurang lebih akan seperti ini:
Minum Kopi Instan
- Ambil cangkir
- Ambil kopi instan
- Masukkan bubuk kopi ke dalam cangkir sesuai takaran
- Siapkan air panas. Kalau belum tersedia, panaskan air.
- Tuangkan air panas ke dalam cangkir
- Aduk cangkir hingga kopi larut
- Tambahkan gula atau krimer sesuai selera. Aduk.
- Minum kopi
Urutan kegiatan “Minum Kopi Instan” di atas adalah algoritma-mu di kehidupan sehari-hari.
Di dalam dunia
komputer, biar algoritma lebih “instan” dipahami, biasanya programmer akan
menggunakan flowchart.
Flowchart adalah presentasi grafis untuk menggambarkan proses spesifik sebuah algoritma. Pengaplikasiannya seperti berikut ini:
Perlu Bawa Payung?
Kamu akan melakukan aktivitas di luar rumah
- Apakah hujan?
- Jika tidak hujan, kamu tidak perlu bawa payung
- Jika hujan, segera cari payung
- Ketika payung sudah ketemu, bawa payungnya
- Jika payung tidak ketemu pastikan apakah masih hujan dan akan kembali berputar ke poin 2 dan 3
Sumber : https://bitlabs.id/blog/contoh-algoritma-dan-flowchart/