Total Tayangan Halaman

Rabu, 27 November 2019

Materi TIK Kelas 8 SMP Tentang “PEMBUATAN SURAT MASAL” Semester 1

Materi TIK Kelas 8 SMP Tentang “PEMBUATAN SURAT MASAL” Semester 1


1.1.  Pembuatan Surat Masal (Mail Merge)
Mail Merge adalah fasilitas yang dimiliki Microsoft Word untuk membuat surat, label, amplop dan katalog. Dengan Mail Merge, Anda dapat menggabungkan dokumen utama (main dokumen) dengan dokumen sumber data menjadi dokumen baru yang merupakan gabungan dari dua dokumen.

Sebagai contoh, Anda adalah seorang Sekretaris di sebuah perusahaan tertentu. Pimpinan Anda memberikan perintah kepada Anda untuk membuat surat undangan yang ditujukan kepada 100 pelamar di perusahaan Anda. Untuk kasus di atas, Anda dapat menyelesaikannya dengan menggunakan fasilitas Mail Merge.

A.      Membuat Sumber Data
Sumber data dalam Mail Merge harus diketikkan dalam bentuk table. Untuk membuat sumber data, lakukan langkah-langkah di bawah ini:

1.    Klik ribbon Insert
2.    Klik icon Table
3.    Tunjuk dan drag untuk menentukan jumlah baris dan kolom yang akan dibuat, setelah itu klik.
4.    Ketik data di bawah ini


NAMA
ALAMAT
KOTA
KODEPOS
Ali Mandegar
Jl. Dipatiukur 99
Bandung
40132
Zahra
Jl. H. Juanda 25
Purwakarta
42323
Budiman
Jl. Laswi 74B
Bandung
41023
Betty Apriani
Jl. Sukabumi 87
Bandung
44024


5.    Simpan dokumen dengan nama file Data-Undangan.docx.

B.      Membuat Surat
Langkah berikutnya adalah membuat master dokumen, lakukan langkah-langkah di berikut ini:
1.    Klik icon yang ada di Quick Access Toolbar.
2.    Ketikkan surat di bawah ini 


3.  Simpan dokumen di atas dengan nama file Surat-Undangan.docx. Setelah selesai mengetik dokumen di atas, selanjunya kita akan menggabungkan file Surat-undangan.docx dan file Data-Undangan.docx menggunakan fasilitas Mail Merge. 

4.    Klik tab Mailings
5.    Klik  Select Recipients
6.    Klik Use Existings List
7.    Klik file Data-Undangan.docx. 


8.    Klik Open
9.    Langkah selanjutnya tempatkan kursor ke bagian surat seperti gambar di bawah ini

  
10.     Klik icon Insert Merge Field yang ada pada tab Mailings, lalu klik field NAMA.


11.  Ikuti langkah ke-10 dengan menempatkan field ALAMAT, KOTA dan KODEPOS dengan telebih dahulu memindahkan kursor di baris berikutnya. Jika Anda melakukannya dengan benar, Anda akan mendapatkan bentuk tampilan seperti gambar di bawah ini. 


12.  Setelah semua field Anda tempatkan (seperti gambar di atas), untuk menggabungkan file Surat-Undangan.docx dan file Data-Undangan.docx menjadi satu dokumen. Klik icon Finish & Merge. 


13.   Klik Edit Individual Documents. Selanjutnya akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini. 


14.  Klik OK. Langkah ini akan membuka dokumen baru yang berisikan gabungan file Surat-Undangan.docx dan file Data-Undangan.docx seperti gambar di bawah ini. 



15.   Simpan dokumen di atas dengan nama file Cetak-Surat-Undangan.docx.  Dokumen ini terdiri dari 4 halaman sesuai dengan jumlah data yang ada di file sumber data, Data-Undangan.docx.

Rabu, 06 November 2019

Materi TIK Kelas 7 SMP OPERASI DASAR PADA KOMPUTER


Materi TIK Kelas 7 SMP
OPERASI DASAR PADA KOMPUTER

1.     Mengenal komponen / Unsur-unsur Komputer.
Komputer yang digunakan saat ini dibangun berdasarkan teknologi elektronika digital, sehingga disebut komputer digital. Pengertian teknologi digital tidak dibahas lebih lanjut pada tingkat SMA. Secara sistematis, komputer harus dipandang sebagai kesatuan dari:
1.  Brainware (Pengguna Komputer)
2.  Hardware (Perangkat Keras)
3.  Software (Perangkat Lunak)

a.    Brainware
Brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer/ sistem pengolahan data. Brainware merupakan sumber inspirasi utama bagi terbentuknya suatu sistem komputer.
Menurut tingkat pemanfaatan terhadap komputer, Brainware
digolongkan dalam empat tingkatan dimulai dari tingkatan yang tertinggi:
1.    System Analyst: Penanggung jawab dan perencana sistem dari sebuah proyek pembangunan sebuah sistem informasi khususnya yang memanfaatkan komputer.
2.    Programmer : Pembuat dan petugas yang mempersiapkan program
yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang dirancang.
3.    Administrator : Seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem
operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah
sistem/jaringan komputer.
4.    Operator : Pengguna biasa, hanya memanfaatkan sistem
komputer yang sudah ada

b.    Hardware
Perangkat Keras dapat didefinisikan sebagai peralatan dalam sistem komputer yang dapat dilihat dan dapat dijamah secara fisik. Secara fungsional, perangkat keras dapat digolongkan sebagai berikut:

1.       Perangkat Input
Digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer sesuai dengan format yang diijinkan komputer untuk kemudian diolah ke dalam media pemroses. Contoh: Keyboard, mouse, bar-code reader, floppy-disk drive, CD-ROM drive, USB drive dll.
2.    Perangkat Output
Digunakan untuk mengeluarkan hasil pengolahan data dari media pemroses ke dalam bentuk dan format yang bermacam-macam sesuai dengan keinginan manusia. Contoh: Printer, monitor, plotter, proyektor-LCD dll.
3.    Penyimpan Data (Storage Media)
Digunakan untuk menyimpan data hasil pengolahan, Secara umum media penyimpan atau memori dapat dibagi menjadi dua;
Random Access Memory (RAM).


c.    Software (perangkat lunak)
Merupakan suatu program yang berisi instruksi-instruksi (perintah) yang ditulis dalam bahasa komputer yang dimengerti oleh hardware komputer.
Jenis software adalah :
–    Software operating system. Software ini digunakan untuk :
·       Interpreteur : menterjemahkan perintah software aplikasi sehingga dimengerti oleh hardware.
·       Configuration hardware : mengenal pheriperal (peralatan pendukung komputer).
·       Management file : pengolahan file (data/program)
–    Software aplikasi. Software ini digunakan untuk :
·       Mengolah data elektronik
Banyak software aplikasi yang ditawarkan dipasaran, namun kita dapat mengelompokkan software aplikasi menurut kegunaannya.
·       Software untuk  pengolahan kata (word processing)
·       Software untuk  pengolahan angka / data tabel (spreadsheet)

2.     Prosedur Baku Menghidupkan dan Mematikan Komputer.
Sebelum menggunakan komputer, terdapat beberapa hal yang harus di perhatikan , yaitu :
1.    Memastikan kabel listrik sudah terhubung dengan komputer
2.    Memastikan kabel monitor, keyboard, mouse, printer dan peralatan lainnya yang dibutuhkan sudah terpasang dengan baik.
A.1 Menghidupkan Komputer
Untuk menghidupkan komputer, kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut:
·       Tekan tombol Power atau tombol On pada Komputer
·       Selanjutnya Komputer akan melakukan booting dengan menjalankan BIOS ( Basic Input Output System ) yang terdapat pada komputer. Jika pada komputer telah terpasang sistem operasi seperti Microsoft Window atau Linux maka selanjutnya komputer akan menjalankan prosedur untuk membuka sistem operasi yang terpasang pada komputer tersebut.
·       Komputer yang berada pada suatu jaringan biasanya mengharuskan penguna komputer untuk Log in terlebih dahulu sebelum memasuki Sistem. Jika komputer yang kamu gunakan berada dalam suatu jaringan dan mengharuskan kamu melakukan Log in, gunakan username dan password yang telah diberikan.
A.2 Mematikan Komputer
Setelah kamu selesai menggunakan komputer, sebaiknya tidak langsung mematikan tombol Power langsung, karena akan menyebabkan kerusakan dalam komputer. Cara mematikan komputer berbeda-beda tergantung dari Sistem Operasi yang digunakan.
 
Jika Sistem Operasi yang digunakan adalah Microsoft Windows maka untuk mematikan komputer dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut :
1.    Pilih Tombol Start pada taskbar
2.    Tekan Tombol Turr Off Computer yang akan menampilkan kotak dialog Turn Off computer , pada kota dialog tersebut terdapat empat pilihan , yaitu:
·       Stand By, Pilihan ini digunakan untuk mengubah kondisi komputer dalam keasaan Low-Power. Keadaan seperti ini membuat komputer dalam keadaan tidur atau komputer sebenarnya tidak mati. Dengan pilihan komputer akan mengkonsumsi tenaga listrik yang rendah.
·       Turn Off, PIlihan digunakan untuk mematikan komputer. Dengan pilihan ini perubahan konfigurasi (setting) Windows XP akan tersimpan terlebih dahuu.
·       Restrat, Pilihan ini gidunakan untuk untuk mematikan komputer dan kemudian menghidupkannya lagi. Sebelum memulai kembali, perubahan konfigurasi (setting) Windows XP yang telah dilakukan akan disimpan terlebih dahulu.
·       Hibernate, dapat ditampilkan dengan menekan tombol Shift pada Keyboard dan Stand By. Pilihan ini digunakan untuk mengakhiri penggunaan Windows XP dengan terlebih dahulu menyimpan posisi pekerjaan terakhir yang sedang dikerjakan ke dalam harddisk. Jika kamu menghidupkan kembali secara otomatis.



Materi pelajaran T.I.K Kelas 9 Semester Ganjil "Sistem Jaringan Internet", Senin 14 Oktober 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....  Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 9 hari ini Senin 14 Oktober 2...