Materi TIK-Informatika Kelas 8 Senin 8 November 2021
Apersepsi:
Assalammualaikum Wr. Wb..
Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian.... mudah-mudahan kita semua masih dalam keadaan sehat walafiat dan menghadiri serta mengikuti pembelajaran daring hari ini dengan baik. Tak lupa untuk selalu diingatkan kepada siswa-siswi sekalian agar kiranya selalu melaksanakan sholat Dhuha diawal waktu, agar tidak mengganggu jam pembelajaran semua.
Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 8 hari ini Senin 8 November 2021, Materi Dibawah Berikut adalah lanjutan dari Pembahasan materi pertemuan minggu lalu dan pada pertemuan hari ini kita akan membahas tentang Algoritma dan Pmrograman tentang dasar kondisi percabangan Sederhana. Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,.
SK : Algoritma dan Pemrograman
KD :4.2.3 Memakai instruksi kondisional.
Kegiatan Pembelajaran : Mengenal macam-macam tipe data dan tipe variabel
Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapat memahami pengertian algoritma dan pemrograman.
- Siswa dapat mendefinisikan variabel dan tipe data.
- Siswa dapat membuat robot dengan program sederhana.
- Siswa dapat Memahami Percabangan 1, 2, lebih dari 2 kondisi
Indikator :
- Memahami pengertian algoritma dan pemrograman.
- Mendefinisikan variabel dan tipe data.
- Membuat robot dengan program sederhana.
Contoh :
Program memeriksa inputan apakah bilangan ganjil atau genap. Apabila
diperiksa bilangan genap maka tulis “Bilangan genap” dan kalau bukan maka tulis
“Bilangan ganjil”.
#include <stdio.h>
void main(){
int angka;
scanf(“%d”,&angka);
if (angka % 2 == 0)
printf (“Bilangan Genap”);
else
printf(“Bilangan Ganjil”);
}
Latihan...!
Buatlah Suatu bagan Alur Flowchart dari satu kasus kondisi di atas yang berbentuk Psoudocode.
Kirimkan hasil Tugas via W.A kepada Guru Mapel disertai Foto Selvie Kalian sedang merangkum/mengerjakan tugasnya...
Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb...