Total Tayangan Halaman

Jumat, 17 Mei 2024

Materi Pembelajaran Informatika Kelas 7 Semester Genap "Praktik Lintas Bidang", Jum'at 17 Mei 2024

Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian...
Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 7 hari ini Jum'at 17 Mei 2024,
Pada pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang Praktik Lintas Bidang
. Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,. 

BAB        : Praktik Lintas Bidang

Elemen    : Praktik Lintas Bidang (PBL)


Capaian Pembelajaran :

  • siswa mampu bergotong royong untuk mengidentifikasi persoalan, merancang, mengimplementasi, menguji, dan menyempurnakan artefak komputasional yang merupakan solusi dari persoalan tersebut, serta mengomunikasikan secara lisan maupun tertulis produk dan proses pengembangan solusinya dalam bentuk karya kreatif yang menyenangkan.

Alur Tujuan Pembelajaran :  

  • Siswa mampu membuat rangkaian elektronis untuk menghidupkan led. 
  • Siswa mampu membuat rangkaian elektronis dengan Makey-Makey untuk menghidupkan lampu led.
  • Berkolaborasi untuk melaksanakan pekerjaan dengan tema komputasi. 
  • Memperkenalkan Makey Makey sebagai perkakas untuk mengembangkan artefak komputasional.

Praktik Lintas Bidang
Pertemuan 1

Secara umum, setidaknya fungsi praktik lintas bidang dalam lmu informatika meliputi daftar berikut.

  • Membantu pelajar ilmu informatika untuk mengetahui permasalahan di bidang lain;
  • Membantu pelajar informatika agar bisa bekerja sama dengan orang di bidang lain;
  • Membantu pelajar untuk bisa berkomunikasi secara logis dan sistematis dengan individu lain;
  • Membantu pelajar mengetahui lingkungan sekitarnya;
  • Membantu pelajar untuk bisa memahami algoritma bidang lain di dalam dunianya.

A. Pengembangan Artefak Komputasional

Pengembangan artefak komputasional adalah proses menciptakan objek atau alat yang menggunakan komputasi untuk melakukan tugas tertentu. Dalam pelajaran praktika lintas bidang informatika, kamu akan didorong untuk mengembangkan artefak komputasional dengan berbagai metode dan media yang menarik.

1. Starter Makey Makey: Bermain dengan Alat



Makey Makey adalah alat elektronik yang memungkinkanmu untuk membuat interaksi antara dunia fisik dengan dunia digital. Dengan Makey Makey, kamu dapat menghubungkan benda-benda sehari-hari seperti buah-buahan, tuts piano, atau bahkan tubuhmu sendiri, menjadi input untuk komputer. Dengan demikian, kamu dapat mengontrol permainan atau aplikasi secara kreatif dan interaktif.

Di dalam pelajaran praktika lintas bidang informatika, kamu akan diajak untuk bermain dengan Makey Makey. Kamu dapat mencoba menghubungkan pisang ke Makey Makey dan menggunakan pisang sebagai pengganti tuts keyboard untuk mengetik atau memainkan permainan. Selain itu, kamu juga dapat mencoba menghubungkan benda-benda lain yang memiliki sifat konduktor seperti kertas aluminium.

Keunggulan makey Makey adalah kemampuannya untuk memicu rasa ingin tahu dan kreativitas kamu. Kamu dapat bereksperimen dengan berbagai jenis benda dan menciptakan input yang unik. Melalui aktivitas ini, kamu akan belajar tentang konsep dasar sirkuit listrik, penghantar listrik, dan bagaimana kita bisa mengontrol perangkat komputer menggunakan benda-benda sehari-hari.

2. Pengembangan Synthesizer dengan Media Air dan Makey Makey

Selain bermain dengan benda-benda sehari-hari, kamu juga dapat mengembangkan artefak komputasional yang lebih kompleks. Salah satu contohnya adalah pengembangan synthesizer dengan menggunakan media air dan Makey Makey.

Dalam praktika ini, kamu akan belajar tentang konsep dasar getaran suara dan cara menghasilkan suara melalui alat musik elektronik. Kamu dapat membuat synthesizer sederhana dengan mengisi wadah dengan air dan menempatkan elektroda Makey Makey di dalamnya. Ketika kamu menyentuh air, Makey Makey akan membaca sinyal dan menghasilkan suara yang berbeda-beda. 

Ini adalah kesempatan bagus untuk mengenal seluk-beluk dunia musik dan eksperimen dengan suara-suaranya. Kamu dapat mengontrol pitch, volume, dan efek lainnya dengan menjelajahi berbagai faktor seperti volume air, jumlah sentuhan, atau ukuran wadah. Lebih dari itu, kamu juga akan belajar tentang konsep dasar sirkuit listrik, penghantar arus listrik, dan bagaimana kita dapat menghasilkan suara melalui getaran suara.

Tugas:

Siapkanlah Gelas Kaca Sebanyak 7 Pcs, kemudian buat tangga nada dari gelas-gelas tersebut dengan di isi air menurut takaran masing-masing yang sesuai serta didampingi oleh guru mapel.. 

Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb.... 

Senin, 13 Mei 2024

Materi Pembelajaran TIK-Informatika kelas 8 Semester Genap "Berpikir Komputasional", Senin 13 Mei 2024

Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian...
Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 8 hari ini Senin 13 Mei 2024, Pada  Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang Berpikir Komputasional
. Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,. 

 

SK :  Berpikir Komputasional

 

KD : 

  • 3.8 Berpikir Komputasional untuk persoalan komputasi yang lebih kompleks dari sebelumnya  
  • 4.8. Menyelesaikan persoalan-persoalan komputasi yang mengandung jejaring, pola, dan algoritmik.

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu : 

  • Mengenal lingkungan eksekusi : pelaku, primitif gerakan, menuliskan instruksi terhadap konsep berpikir Komputasional
  • Siswa mampu menjelaskan konsep otomasi. 
  • Siswa mampu mendefinisikan variabel, memori dan memanipulasi nilai/value Siswa mampu memrogram yang mengenal kondisi

Indikator Pembelajaran :

  • Memahami dan mengenal konsep berpikir Komputasional
  • Memahami dan Menerapkan konsep dekomposisi, Pengenalan Pola, Abstraksi dan Algoritma dalam menganalisis dan solusi permasalahan. 
  • Menyelesaikan persoalan komputasi yang mengandung jejaring, pola, dan algoritmik yang lebih komplek dari sebelumnya.
  • Menumbuhkan budaya informatika dan TIK dengan mengaplikasikan konsep berpikir komputasional untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang ditemukan.
  • Melakukan kolaborasi telematika dalam mengerjakan berbagai persoalan yang ditemukan.

BERPIKIR KOMPUTASI
Kodifikasi Boolean
(Pertemuan 3)
 
Pernahkah kamu melihat tombol saklar lampu untuk menghidupkan dan mematikan ?

Mengecat Menjadi Gelap



Kombinasi kartu A dan kartu B, menghasilkan kartu C.

Pertanyaan :




Berapa banyak sel gelap dari kombinasi kartu D dan kartu E berikut?
Tuliskan bilangannya sebagai jawaban.

Penjelasan :

Aturan untuk melakukan kombinasi kartu D dan E adalah sebagai berikut:
 

  • Jika warna sel kartu yang bersesuaian sama maka warna yang dihasilkan hitam

  • Selain itu, warna yang dihasilkan adalah putih Berikut ini adalah hasil kombinasi kartu D dan E:

Sirkuit Boolean adalah salah satu model komputasi matematika. Ekuivalensi adalah salah satu operasi Boolean. Jika sel yang berwarna putih bernilai 0 atau SALAH dan sel yang berwarna hitam bernilai 1 atau BENAR, maka operasi ini dapat dijelaskan sebagai berikut :

Silahkan Jawaban di kirimkan via W.A japri pada guru mapel ditunggu paling lambat pukul 19:00 WIB.
Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..

Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....

Materi Pembelajaran INFORMATIKA Kelas 7 Semester Ganjil "Sistem bilangan Biner", Jum'at 22 November 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian... Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 7 hari ini Jum'at 15 Novemb...