Total Tayangan Halaman

Jumat, 26 Juli 2024

Materi Pembelajaran Informatika Kelas 8 Semester Ganjil "Informatika & Pembelajarannya", Jum'at 26 Juli 2024

Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian...
Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 8 hari ini Jum'at 26 Juli 2024, Pada  Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang
Informatika & Pembelajarannya. Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,. 

 

BAB 1 : Informatika dan Pembelajarannya

Fase    : D
Alur Tujuan Pembelajaran :
 Peserta didik mampu :

  • Merefleksikan  materi  Informatika yang sudah dipeíoleh di kelas VII 
  • Menjelaskan materi  Informatika yang akan dipelajari  di kelas VIII

 

I.P (Informatika & Pembelajarannya)
(Pertemuan 1)

Berpikir Komputasional

·      Peserta didik mampu memahami konsep  himpunan  data  terstruktur dalam kehidupan  sehari-hari, memahami konsep  lembar kerja pengolah data dan  menerapkan berpikir  komputasional dalam  menyelesaikan persoalan yang  mengandung himpunan data  berstruktur sederhana dengan  volume kecil, dan mendisposisikan berpikir komputasional yang  diperlukan pada berbagai bidang;  mampu menuliskan sekumpulan  instruksi dengan menggunakan  sekumpulan kosakata terbatas  atau simbol dalam format  pseudocode.

Literasi Digital

·    Peserta didik mampu memahami cara kerja dan penggunaan mesin  pencari di internet; mengetahui  kredibilitas sumber informasi  digital dan mengenal ekosistem  media pers digital; membedakan  fakta dan opini; memahami  pemanfaatan perkakas teknologi  digital untuk membuat laporan,  presentasi, serta analisis dan  interpretasi data; mampu  mendeskripsikan komponen,  fungsi, dan cara kerja komputer;  memahami konsep dan penerapan konektivitas jaringan lokal dan  internet baik kabel maupun  nirkabel; dan mengetahui jenis ruang publik virtual;  memahami

·   pemanfaatan media digital untuk  produksi dan diseminasi konten.  Peserta didik mampu memahami  pentingnya menjaga rekam jejak  digital, mengamalkan toleransi  dan empati di dunia digital,  memahami dampak perundungan  digital, membuat kata sandi yang  aman, memahami pengamanan  perangkat dari berbagai jenis

·       malware, memilah informasi yang  bersifat privat dan publik,  melindungi data pribadi dan  identitas digital, serta memiliki  kesadaran penuh (mindfulness)  dalam dunia digital.

Analisis Data

·         -

Algoritma dan Pemrograman

-

Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....  

Materi Pembelajaran Informatika Kelas 7 Semester Genap "Berpikir Komputasional", Jum'at 26 Juli 2024

Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian...
Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 7 hari ini Jum'at 26 Juli 2024, Pada  Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang Berpikir Komputasional
. Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,. 

 

BAB 1 : Berpikir Komputasional

 

KD : Berpikir Komputasional untuk persoalan komputasi yang lebih kompleks dari sebelumnya
4.6.
Menyelesaikan persoalan-persoalan komputasi yang mengandung jejaring, pola, dan algoritmik.

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu : 

  • Mengenal lingkungan eksekusi : pelaku, primitif gerakan, menuliskan instruksi terhadap konsep berpikir Komputasional
  • Siswa mampu menjelaskan konsep otomasi. 
  • Siswa mampu mendefinisikan variabel, memori dan memanipulasi nilai/value Siswa mampu memrogram yang mengenal kondisi

Indikator Pembelajaran :

  • Memahami dan mengenal konsep berpikir Komputasional
  • Memahami dan Menerapkan konsep dekomposisi, Pengenalan Pola, Abstraksi dan Algoritma dalam menganalisis dan solusi permasalahan. 
  • Menyelesaikan persoalan komputasi yang mengandung jejaring, pola, dan algoritmik yang lebih komplek dari sebelumnya.
  • Menumbuhkan budaya informatika dan TIK dengan mengaplikasikan konsep berpikir komputasional untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang ditemukan.
  • Melakukan kolaborasi telematika dalam mengerjakan berbagai persoalan yang ditemukan.

BERPIKIR KOMPUTASI (Computational Thinking)
(Pertemuan 1)

Berpikir komputasional (Computational Thinking) adalah suatu metode dalam menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer (informatika), Menyajikan soal-soal yang mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan kritis dalam menyelesaikan persoalan dengan menerapkan konsep-konsep berpikir komputasional.

Computational thinking atau berpikir komputational merupakan konsep berpikir yang dilakukan untuk mengidentifikasi masalah yang ada di sekitar, memahaminya, kemudian mengembangka suatu metode pendekatan untuk menemukan solusi yang inovatif dengan bantuan perangkat teknologi komputer. Agar dapat menangani permasalahan kompleks dan memberikan solusi yang inovatif.

berpikir komputasional mempunyai empat pilar teknik kunci pendekatan, yaitu:

1.   Dekomposisi.

Adalah metode menyelesaikan masalah yang dilakukan dengan cara memecah masalah kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sehingga lebih mudah diselesaikan.Contoh:

Dalam pembuatan produk makanan ringan yang terbuat dari kentang. Metode dekomposisinya :

  1. Produk makanan ringan seperti apa yang akan dibuat..?
  2. Apa rasa yang akan diberikan..?
  3. Apa saja bumbu dan bahan yang perlu disediakan..?
  4. Apa packaging yang digunakan..?
  5. Bagaimana cara produksinya..?
  6. Siapa saja yang menjadi target pasarnya..?
  7. Apa strategi pemasaran yang dilakukan..?

2.   Pengenalan pola.

Adalah teknik pemecahan masalah dengan memperhatikan pola permasalahan tersebut. Biasanya pola dapat dibangun dengan berbagai cara seperti bentuk, prilaku, bahan, suara, gerakan, kecepatan gerak, pertambahan, arah gerak, warna, dan lain sebagainya.

Contoh :
Perhatikan barisan angka berikut : 2 6 10 14 18 ?

Penyelesaian : dengan memperhatikan barisan angka di atas kita dapat menyimpulkan bahwa pola untuk menjawab angka berikutnya adalah dengan menggunakan pola penambahan bilangan 4 (+4). Maka jawaban untuk bilangan terakhir pada soal di atas adalah 22

3.   Abstraksi.

Adalah kemampuan memilah data yang sesuai dan relevan dari data yang tidak sesuai dan perlu diabaikan yang akhirnya dapat menemukan pola yang berujung pada solusi.

Contoh :

Gambar di atas adalah atribut seseorang siswa smp yang akan digunakan untuk pendaftaran ke SMA.

Penyelesaian :

Dengan menggunakan teknik abstraksi kita bisa membuang atribut yang tidak diperlukan pada gambar di samping yaitu, hobi dan makanan Kegemaran.

4. Berpikir algoritma.
Berpikir algoritma adalah cara berpikir dengan merencanakan atau langkah-langkah instruksi yang dijalankan untuk memecahkan masalah.

Latihan:
Pilihlah salah satu metode berikut ini (Dekomposisi, Abstrasksi) dalam menyelesaikan sebuah kasus/persoalan yang kalian tentukan sendiri..!!

Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..
Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....
 

Materi pelajaran T.I.K Kelas 9 Semester Ganjil "Sistem Jaringan Internet", Senin 14 Oktober 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....  Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 9 hari ini Senin 14 Oktober 2...