Total Tayangan Halaman

Senin, 07 September 2020

Materi Daring kls 9B " BAB 2 Sistem Jaringan Internet B.Jaringan Komputer (Senin 7 September 2020)

A.     Jaringan Komputer

Tujuan :
-       Dapat memahami fungsi dan manfaat dari  jaringan komputer
-       Dapat mengklasifikasikan jenis-jenis jaringan komputer dan berbagai macam perangkat jaringan

1.      Jaringan komputer
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data, aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer. Tujuan dibangunnya jaringan antar komputer adalah agar informasi/ data yang dibawa pengirim (transmitter) dapat sampai kepada penerima (receiver) dengan tepat dan akurat.

Manfaat Jaringan Komputer
Manfaat Jaringan Komputer secara umum yang akan bisa didapatkan adalah sebagai berikut ini
1.      Jaringan Komputer dapat sharing resource (data, program, peripheral komputer)
2.      Jaringan Komputer media komunikasi efektif dan multimedia
3.      Jaringan Komputer memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien.
4.      Jaringan Komputer memungkinkan penyampaian lebih terpadu.
5.      Jaringan Komputer memungkinkan kelompok kerja berkomunikasi lebih efisien.
6.      Jaringan Komputer dapat menjaga keamanan data lebih terjamin (hak akses).
7.      Jaringan Komputer menghemat biaya pengembangan dan pemeliharaan.
8.      Jaringan Komputer membantu mempertahankan informasi agar tetap handal dan up to date.

Tujuan Jaringan
Berikut ini tujuan dari jaringan komputer:
1.      Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien
2.      Jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan upto-date.
3.      Jaringan membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing).
4.      Jaringan memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien.
5.      Jaringan membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif.

 

Jenis-jenis Jaringan

Berikut ini jenis – jenis jaringan berdasarkan pengelompokanya.

No

Berdasarkan Pola Pengoperasian/Fungsi

1.
1. Jaringan client-server
Client-server merupakan sebuah hubungan jaringan yang menggunakan prinsip pelayanan dan yang di layani.
2. Jaringan Peer to Peer
Peer to peer adalah kumpulan beberapa komputer yang biasanya tidak berjumlah banyak yang terhubung dalam jaringan untuk melakukan koneksi, berbagi data (sharing) dan memakai sumber daya ( resource ) komputer lain seolah itu komputer sendiri.

Berdasarkan Jangkauan

2.
LAN (Local Area Network)
LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.
MAN (Metropolitan Area Network)
Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.
WAN (Wide Area Network)
Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.
Internet
Internet merupakan jaringan komputer yang global atau mendunia. Karena Internet merupakan jaringan-jaringan komputer yang terhubung secara mendunia, sehingga komunikasi dan transfer data atau file menjadi lebih mudah.

Berdasarkan Media Transmisi

3.
Wire Network
Merupakan jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media penghantar. Pada sebuah network, media transmisi memegang peranan yang sangat penting, karena informasi atau data akan diangkut melalui media transmisi. Pada Wire Network, ada beberapa pilihan kabel yang dapat digunakan, yaitu kabel coaxial, kabel twisted pair (TP) dan kabel fiber optic.
Wireless (Tanpa Kabel)
Wireless merupakan Jenis Jaringan Komputer yang menggunakan media transmisi data tanpa menggunakan kabel. Media yang digunakan seperti gelombang radio, inframerah, bluetooth, dan microwave. Wireless bisa difungsikan kedalam jaringan LAN, MAN, maupun WAN. Wireless ditujukan untuk kebutuhan mobilitas yang tinggi.

2.    Perangkat Jaringan Komputer
Perangkat jaringan pada komputer merupakan alat pendukung untuk menjalankan tranformasi data sehingga perangkat bersangkutan dapat beroperasi. Sebuah komputer yang digunakan biasanya memerlukan beberapa alat sebagai pengirim data, misalnya router, wireless, wireless card, lan card dan masih banyak lagi yang lainnya.


No
Perangkat
Keterangan
1.
Modem
Modem merupakan perangkat keras yang dapat menghantarkan perubahan data sinyal menjadi analog untuk selanjutnya kembali menjadi data sinyal digital sehingga komputer dapat dijalankan.
2.
Hub
Hub pada komputer gunanya untuk membagi server ke jaringan lain, adapun kelemahan dari Hub ini ialah jika ia rusak maka transmisi jaringan ke komputer juga tidak dapat berjalan dengan begitu dia tidak dapat mengatur kecepatan data yang di kirimkan ke komputer lainnya.
3.
Repeater
Repeater merupakan perangkat jaringan untuk memperkuat sinyal. Perangkat repeater dapat memperkuat sinyal pada jarak jauh. Fungsi repeater adalah : 
1.   Memperluas Jangkauan Sinyal Server

Jadi, jika sebuah server menggunakan repeater maka sinyalnya akan bisa diakses lebih jauh oleh perangkat lain.Maksudnya adalah, dalam jarak yang lebih jauh sebuah perangkat bisa mengakses paket data dari server.
2.   Mempermudah Mengakses Sinyal WiFi

Dengan adanya repeater, maka banyak perangkat yang lebih mudah dalam mengakses wifi karena jaringan sudah diperkuat dengan menggunakan repeater.
3.   Meminimalisir Penggunaan Kabel Jaringan

Penggunaan repeater meminimalisir adanya kabel jaringan yang cukup banyak. Itu karena repeater memperkuat sinyal sehingga tidak memerlukan kabel untuk mengakses paket data.
4.
Router
Router adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan dua jaringan atau lebih sehingga pengiriman data dari satu perangkat ke perangkat lain bisa diterima. Router itu bisa menghubungkan network / jaringan yang menggunakan topologi seperti bus, star dan ring.
5.
NIC ( Network interface Card
NIC atau Network Interface Card merupakan kartu yang juga berperan penting bagi komputer. NIC biasanya ditanamkan pada komputer sehingga perangkat bisa terhubung dengan jaringan LAN. Adapun fungsi NIC ini membuat perangkat dapat terhubung dengan jaringan melalui koneksi kabel.

6.
Bridge
Perangkat Bridge ini berfungsi untuk memperluas jaringan ke bentuk jaringan lain yang lebih luas sehingga bisa dipergunakan pada perangkat lain. Dalam kinerja Bridge ini ia harus mengenali alamat MAC yang biasanya mentransmisikan sebuah data ke jaringan, baru kemudian bridge membuat tabel otomatis. Kelebihan perangkat bridge ini ialah ia bisa menentukan segmen mana yang akan di rooting atau disaring. 
7.

Kabel
Kabel merupakan penghantar arus dari dan ke sebuah perangkat. Ada banyak jenis kabel yang digunakan ke perangkat koputer dan biasanya berjenis Unshielded Twisted Pair (UTP) dan masih banyak lagi yang lainnya.
8.

Konektor
Konektor merupakan sebuah alat yang menghubungkan kabel dengan Network Adaptor. Keberadaan konektor ini juga sangat vital bagi perangkat komputer sebab jika tidak ada alat tersebut maka komputer juga tidak dapat dioperasikan dengan semestinya.
Ada beberapa jenis konektor yang biasa terpasang pada perangkat komputer, diantaranya ialah:
• Konektor RJ-45 digunakan untuk Kabel UTP
• Konektor BNC/T digunakan untuk Kabel Coaxial
• Konektor ST digunakan untuk Kabel Fiber Optic.
9.
Swith
Switch merupakan sebuah hardware yang fungsinya hampir sama dengan HUB, ia bisa membagi-bagi jaringan lokal ke banyak perangkat komputer. Sementara fungsi utamanya switch ini ialah untuk menerima sinyal, mengirimkan data jaringan dari server ke jaringan perangkat lain.
10.
Acces Point
Access Point kegunaannya mirip dengan router. Namun Access Point memiliki fungsi yang sebenarnya ialah untuk memancarkan Wireless sinyal yang dipancarkan dari router untuk membuat jaringan WLAN. Salah satu kelebihan Access Point ini adalah dapat tersambung langsung dengan broadband atau router.
11.
Wire Card
Wireless Data ini merupakan sebuah jaringan yang mampu menghubungkan dua device tanpa menggunakan kabel. Wireless Card dapat menghubungkan dua atau lebih perangkat komputer sehingga bisa saling terhubung melalui jaringan Wi-Fi dan tanpa menggunakan kabel. 
12.


Server
Server adalah sebuah komputer atau perangkat yang menyediakan layanan atau service pada client yang terhubung dengannya.
Biasanya komputer server dibekali dengan spesifikasi tinggi untuk prosesornya, seperti RAM 16GB dipadukan Intel Xeon. Kegunaan komputer server adalah sebagai penyedia data informasi yang nantinya akan dikirimkan dan juga disebarkan melalui jaringan.
13.
NAS
NAS adalah perangkat penyimpanan yang tersambung ke jaringan dan memungkinkan penyimpanan maupun pengambilan data dari lokasi terpusat untuk pengguna jaringan dan klien heterogen yang sah. Sistem NAS fleksibel dan terukur, yang berarti saat Anda memerlukan penyimpanan tambahan, Anda dapat menambahkannya ke perangkat yang Anda miliki. NAS layaknya seperti memiliki cloud pribadi di kantor. Lebih cepat, lebih murah, dan memberikan semua manfaat cloud publik di lokasi, memberi Anda kendali penuh.
14.

USB WiFi Adapter

USB WiFi Adapter atau biasa disebut juga dengan Wireless LAN Adapter adalah perangkat seukuran USB Flashdisk yang berguna untuk memberikan konektivitas WiFi di perangkat komputer yang tidak memiliki WiFi Card.
Wifi Adapter adalah alat yang dipakai pada perangkat komputer atau laptop agar dapat tersambung dengan koneksi Wifi yang tersedia di sekitarnya. Wifi adapter menggunakan gelombang radio saat melakukan proses pertukaran data. Selain untuk menangkap sinyal wifi, wifi adapter sekaligus dapat dipakai untuk memperkuat sinyal wifi yang ada.
15.

Gateway (Gerbang Jaringan)

adalah suatu perangat yang menghubungkan jaringan komputer yang satu atau lebih jaringan komputer dengan media komunikasi yang berbeda sehinga informasi pada saat jaringan komputer di alihkan akan berbeda dengan media jaringan yang berbeda.

Gateway juga dapat di artikan sebagai komputer yang daapat menghubungkan 2 buah jaringan atau lebih karena memiliki minimal 2 buah network interface. Untuk dapat menghubungkan 2 buah jaringan yang berbeda protokol nya, gateway harus mengkonversi setiap protocol yang berbeda pada setaip jaringan komputer sehingga dapat di hubungkan satu sama lain

Tugas :
Silahkan Siswa/i mencari dan membahas bagaimana cara memasang susunan kabel jaringan pada kompter dengan tipe Straight dan tipe overcroos...
kmudian tugas di ketik / di tulis di buku catatan dan di beri nama lengkap, di foto kan, kirimkan foto tugas nya ke link goole form,,,
https://forms.gle/jgQRcE4bg6u6WgH97














Jumat, 04 September 2020

Materi Daring kls 9A " BAB 2 Sistem Jaringan Internet A. Sejarah Singkat Jaringan (Jum'at 4 September 2020)

BAB 2 SISTEM JARINGAN INTERNET

A. SEJARAH SINGKAT JARINGAN KOMPUTER

Tujuan : Siswa/i dapat Mengetahui dan mengerti Sejarah dan perkembangan Jaringan Komputer / Internet.

Pada awal tahun 1943 pertama kali konsep jaringan lahir di Amerika dari sebuah proyek riset Hardvard University yang dipimpin oleh Prof. H. Aiken dan proyek tersebut hanya memanfaatkan sebuah perangkat computer untuk dapat dipakai bersama dalam mengerjakan program dengan proses baruntun.

Tahun 1950 terciptanya jenis computer besar dengan super komputer dapat melayani beberapa terminal yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System). TSS bekerja dengan konsep distribusi proses berdasarkan waktu, dimana pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer.
 

Tahun 1940-an: Batch Processing
Komputer 1940-an batch processing

Awal mula perkembangan jaringan komputer dimulai pada tahun 1940 di Amerika Serikat. Saat itu, para akademisi Universitas Harvard sedang melakukan penelitan di bawah pimpinan Prof. H. Aiken. Topik yang diteliti adalah mengenai pengembangan komputer model I. Pada waktu proses penelitian, muncullah implementasi program yang disebut batch processing. Cara kerja proses beruntun ini adalah memanfaatkan beberapa komputer untuk mengerjakan program atau pekerjaan sekali waktu.

Tahun 1950-an: pengembangan TSS (Time Sharing System)
Sekitar 10 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1950, aktivitas penggunaan dan pengembangan dari sistem komputer semakin masif. Kondisi ini, akhirnya memicu munculnya sebuah sistem yang dikenal dengan nama TSS. TSS sendiri merupakan suatu sistem yang memungkinkan komputer bertindak sebagai server mapun host.
Time Sharing System komputer
Dengan demikian, komputer dapat mengakses maupun diakses menggunakan media terminal, client, workstation yang tersedia dalam waktu bersamaan. TSS adalah sistem pertama yang benar-benar mengimplementasikan konsep jaringan komputer. Jadi, dapat dikatakan bahwa Time Sharing System merupakan cikal bakal network yang Anda kenal sampai sekarang.


Tahun 1970-an: Distribution Processing
1970 Distribution Processing

Sejarah perkembangan jaringan komputer berlanjut 30 tahun kemudian. Pada masa ini, sistem TSS telah dikembangkan menjadi distribution processing. Penggunaan sistem ini memungkinkan 2 host komputer untuk mengerjakan tugasnya masing-masing. Disamping itu, setiap host dan juga server memiliki kemampuan untuk melayani banyak terminal atau client. Satu lagi aspek yang menonjol dari sistem ini adalah meningkatnya kemampuan host atau server untuk mengolah dan melayani station.

Tahun 1980-an: penggunaan TCP/IP untuk standarisasi jaringan
Pada tahun 1982, dibuatlah sebuah protokol yang diberi nama TCP (Transmission Control Protocol). TCP inilah yang saat ini Anda kena dengan nama IP atau Internet Protocol. Kehadiran protokol ini membuat banyak komputer dan usernya bisa terhubung ke dalam sebuah jaringan global. Kemudian, di tahun 1984 muncullah apa yang disebut dengan DNS.
Secara sederhana, DNS dapat diartikan sebagai kumpulan alamat web yang berbeda. Alamat web tersebut dapat dikunjungi siapapun yang terhubung ke jaringan internet. Lalu, pada waktu yang sama juga muncul topologi jaringan komputer yang pertama yaitu LAN. Dengan adanya LAN, maka dua komputer dapat terkoneksi satu sama lain tanpa menggunakan media host maupun server.

IP untuk standarisasi jaringan
Tahun 1988, perkembangan jaringan komputer semakin pesat. Ini ditandai dengan kemuculan IRC atau Internet Relay Chat yang dikembangkan oleh Jarkko Oikaren. IRC merupakan program yang memungkinkan Anda untuk melakukan chatting melalui jaringan internet dengan user lain. Pada waktu itu, penggunaan IRC oleh user sangat intens karena belum populernya fitur SMS.

Tahun 1990-an: lahirnya World Wide Web
Seorang bernama Tim Bernes Lee mulai merancang dan mengembang sebuah program yang dapat melihat seluruh isi internet. Program yang dirancang dan dikembangkan pada tahun 1990 ini diberi nama World Wide Web. Dengan adanya WWW, maka beberapa komputer bisa membentuk suatu jaringan.

world Wide Web

Pada tahun ini pula, program e-retail mulai muncul. Disini, Anda dapat berbelanja menggunakan alamat website. Pada tahap selanjutnya, e-retail terus berkembang hingga menjadi e-commerce. Selain e-retail, program Yahoo dan juga Netscape Navigator mulai bermunculan. Yahoo umumnya digunakan untuk chatting dengan user lain. Sementara itu, kegunaan dari Netscape Navigator adalah menyediakan akses kepada user untuk browsing.

Selasa, 01 September 2020

Materi Daring Informatika Kelas 7A "PERANGKAT KERAS KOMPUTER B. Antarmuka Pengguna (User Interface) C. Perangkat Input Devcice " (Selasa 1 September 2020)

PERANGKAT KERAS KOMPUTER

Tujuan Pembelajaran :
1.   Mengetahui dan Memahami Jenis antar muka yang digunakan oleh komputer

B. Antarmuka Pengguna (User Interface), Perangkat Inputan (Input device)
  • Pengertian antarmuka
Interface adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi.
Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface/ Character User Interface (CLI/CUI) dan Graphical User Interface(GUI).
        
User interface, berfungsi untuk menginputkan pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh step by step sehingga user mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem. Yang terpenting dalam membangun user interface adalah kemudahan dalam memakai / menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalam mengembangkan / membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan.
  • Tujuan antarmuka pengguna (User Interface)
Tujuan user interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut.

·           Jenis-jenis User Interface
Ada dua jenis User Interface yaitu :
1 . Command Line Inteface (CLI) :
CLI (Command Line Interface) adalah tipe antarmuka dimana penggun berinteraksi dengan system operasi melalui text terminal. CLI adalah sebuah bentuk antarmuka antara sistem operasi dan pemakai dimana pemakai mengetikkan perintah-perintah dengan menggunakan perintah dalam bentuk teks dan sebuah metode untuk memasukinya.
Pengguna CLI biasanya adalah administrator sistem berbasis sistem operasi LINUX. Setiap sistem operasi memberi nama CLI- nya berbeda-beda. Unix member nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Ms-Dos memberi nama CLI-nya command.com atau command prompt. Sedangkan Windows Vista, Microsoft menamakannya Powershell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai Terminal, sedangkan pada Apple atau machintosh namanya adalah commandshell.
2. Graphical User Interface (GUI)
Penganut GUI biasanya adalah mereka yang sudah terbiasa dengan system operasi Wndows.Bagi mereka,
GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan system operasi melalui gambar-gambar grafik, kon, dan menggunakan perangkat penunjuk (pointing device) seperti mouse atau track ball.
Sama seperti CL, tiap-tiap siste operasi memiliki nama tersendiri untuk komponen GUI-nya. Pada Apple Mac OS X, GUI-nya disebut Aqua. Microsoft member nama GUI pada Windows XP sebagai Lunar dan GUI Windows Vista sebagai Aero. Pada Linux, ada dua pengembangan utama desktop environment, yang masing-masing menghasilkan roduk KDE (K Desktop Environment) dan GNOME.

C. Perangkat Input (Input Device)

1.     Keyboard
Keyboard adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data berupa huruf, angka, dan simbol serta melakukan perintah-perintah pada komputer. Tanpa adanya perangkat ini, pengguna tidak akan bisa mengetikkan data yang mereka inginkan, sehingga keberadaannya sangatlah penting.

2. Mouse
Mouse adalah perangkat keras yang berukuran kecil dan mudah digenggam yang umumnya memiliki dua tombol dan sebuah bola atau laser di bawahnya untuk menggerakkan kursor (pointer). Fungsi mouse adalah untuk menggerakkan kursor, melakukan scroll (pada mouse jenis tertentu), di mana keduanya akan membuat komputer bisa menjalankan perintah yang diinginkan pengguna.
3. Joystick
Joystick merupakan perangkat keras berbentuk seperti tuas gigi mobil atau seperti stick konsol yang memiliki banyak tombol di dalamnya. Perangkat ini digunakan untuk bermain game pada komputer.
4. Touchpad
Touchpad merupakan sebuah alat penunjuk yang menampilkan sensor pada permukaan khusus yang dapat menerjemahkan gerakan dan jari-jari pengguna ke posisi yang diinginkan pada layar monitor. Perangkat ini ada pada laptop dan notebook yang memiliki cara kerja seperti mouse.
.
5. Digitizer
Digitizer merupakan perangkat masukan yang berbentuk datar seperti papan yang memiliki beberapa tombol di bagian samping dan sebuah pena khusus untuk menulis atau menggambar data yang tersambung pada komputer. Alat ini berfungsi untuk mengubah data analog menjadi data digital. 
6. Barcode Scanner
Barcode scanner atau barcode reader adalah alat yang berbentuk gagang dan berisi laser berwarna merah. Laser tersebut berfungsi untuk memindai barcode yang biasanya terdapat pada kemasan suatu barang. Barcode tersebut berupa suatu kode berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka menggunakan barcode scanner. Alat ini biasanya digunakan di toko untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya sehingga memudahkan proses jual-beli. 
7. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang berfungsi untuk memodifikasi dan mendesain gambar dengan monitor komputer. Bentuknya seperti pena dan tersambung ke perangkat komputer dengan kabel. 
8. Scanner
Scanner merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk mengubah data analog (kertas) menjadi data digital. Perangkat ini digunakan saat Anda ingin memindahkan data yang berbentuk hard file pada kertas menjadi bentuk soft file ke dalam komputer yang hasilnya berupa gambar atau file PDF. Bila dikombinasikan dengan printer, scanner bisa digunakan menjadi mesin fotokopi berukuran kecil. 

9. Trackball
Trackball adalah perangkat keras yang bentuknya mirip dengan mouse, hanya saja terdapat sebuah bola pada bagian tengah yang memiliki sensor untuk mendeteksi gerakan dan berfungsi sebagai alat penunjuk pada komputer. 
10. Microphone
Microphone merupakan perangkat yang dapat mengubah suara analog menjadi suara digital. Fungsi mikrofon adalah sebagai alat untuk merekam suara yang biasa digunakan saat konferensi atau melakukan video call. 
11. WebCam
WebCam adalah kamera real-time yang gambarnya bisa diakses melalui WWW, program instant messaging, atau aplikasi video call yang memasukkan hasil data rekaman dan dibentuk dalam format digital.

Materi Daring Kelas 8A Informatika "BAB 2 Algorirtma dan Pemrograman" (Selasa 1 September 2020)

BAB 2 Algoritma dan Pemrograman Kelas 8

Tujuan Pembelajaran :
-  Memahami Pengertian algoritma dan peranannya,
-  Memahami cara menggeneralisasi masalah untuk membangun algoritma,


Algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk penghitungan atau untuk menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara berurutan.
Sehingga, algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.
Algoritma untuk menghitung nilai y dari persamaan y = 3x + 8
Algoritmanya adalah:
·         Mulai
·         Tentukan nilai x
·         Hitung nilai y = 3x + 8
·         Cetak nilai x dan y
·         Selesai
Walaupun algoritma bisa dibilang jantung ilmu komputer atau informatika, tetapi jangan beranggapan bahwa algoritma selalu identik dengan ilmu komputer saja. Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat banyak proses yang dinyatakan dalam suatu algoritma. Misal cara memasak mie, cara membuat kue, dan lainnya.
Jika kita buat algoritma memasak mie akan seperti di bawah ini:
  • Siapkan 1 bungkus mie instan, 400 ml air (2 gelas), panci, mangkok, sendok, dan garpu
  • Masukkan 400 ml air kedalam panci
  • Masak air
  • Tunggu hingga mendidih
  • Masukkan mie kedalam panci yang sudah berisi air mendidih
  • Tunggu dan aduk hingga 3 menit
  • Jika sudah matang masukkan bumbu
  • Aduk hingga rata
  • Sajikan mie

Penyajian algoritma secara garis besar dapat dibagi dalam dua bentuk penyajian yaitu tulisan dan gambar. Algoritma yang disajikan dengan tulisan yaitu dengan struktur bahasa tertentu (misalnya bahasa Indonesia atau bahasa Inggris) dan pseudocode. Pseudocode adalah kode yang mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya seperti Pascal, atau C, sehingga tepat digunakan dalam menggambarkan algoritma yang akan dikomunikasikan kepada programmer.
Sedangkan untuk algoritma yang disajikan dengan gambar adalah dengan flowchart. Flowcart adalah bagan (chart) yang menunjukkan alir (flow) di dalam program atau merupakan prosedur sistem secara logika. Flowcart digunakan untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi.

Materi Pembelajaran INFORMATIKA Kelas 7 Semester Ganjil "Sistem bilangan Biner", Jum'at 22 November 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian... Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 7 hari ini Jum'at 15 Novemb...