Total Tayangan Halaman

Jumat, 19 Juli 2024

Materi Pelajaran Informatika Kelas 7 Semester Ganjil "INFORMATIKA", Jum'at 19Juli 2024

Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian...
Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 7 hari ini Jum'at 19 Juli 2023, Pada  Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang
"Informatika Dan Keterampilan Generik". Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,. 

 

BAB : 1. "Informatika Dan Keterampilan Generik"

Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk :

  • Memahami Informatika dan mengetahui pentingnya ilmu Informatika.
  • Membuat perencanaan kerja kelompok dengan baik
  • Mengomunikasikan hasil kerja dengan presentasi dan visualisasi dengan baik.

"Informatika Dan Keterampilan Generik"
(Pertemuan 1)

1. Apa dan Mengapa Perlu Belajar Informatika..?

Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut. Komputasi adalah ilmu yang berkaitan dengan pemodelan matematika dan penggunaan komputer untuk menyelesaikan masalah-masalah sains. Istilah informatika sepadan dengan istilah dalam bahasa Inggris informatics, computing, atau computer science.

Informatika mencakup pemodelan dari komputasi dan aplikasinya dalam pengembangan Sistem Komputer. Apa itu komputasi..?
Komputasi adalah:
(1) Penghitungan dengan menggunakan komputer;
(2) Dalam matematika, penghitungan dengan menggunakan bilangan-bilangan atau perubah-perubah yang dilaksanakan berdasarkan urutan langkah yang diberikan.

Peserta Didik akan mempelajari bidang-bidang pengetahuan informatika, yang dikelompokkan menjadi :
1. Berpikir Komputasional: dalam materi ini, Peserta Didik akan belajar menyelesaikan persoalan-persoalan sehari-hari yang di baliknya mengandung berbagai macam konsep keilmuan seperti informatika, matematika, sains, atau ilmu sosial.

2. Teknologi Informasi dan Komunikasi: dalam bagian ini, Peserta Didik akan belajar cara membuat karya digital, berkomunikasi via surel, menggunakan peramban untuk mencari informasi, serta mengelola file dalam folder.

3. Sistem Komputer: dalam materi ini, Peserta Didik akan belajar mengenai deinisi komputer, Komputasi dan sistem komputasi, bagian-bagian utama komputer dan fungsinya, interaksi perangkat keras dan perangkat lunak dengan piranti lain yang terhubung.

4. Analisis Data: dalam bagian ini, Peserta Didik akan belajar tentang pengelolaan dan penyajian data bervolume kecil untuk tujuan tertentu.

5. Algoritma dan Pemrograman: dalam materi ini, Peserta Didik akan belajar membuat program dengan menggunakan blok visual untuk menghasilkan suatu karya kreatif.

6. Dampak Sosial Informatika: dalam materi ini, Peserta Didik akan belajar mengenai sejarah perkembangan, peranan, dan dampak positif maupun negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan sehari- hari.

Pengantar Keterampilan Generik

Dalam konsep kurikulum informatika, dikenal adanya 7 aspek praktika lintas bidang, di mana 2 di antaranya bersifat umum dan akan dipraktikkan di mana-mana. Tentunya, tidak semuanya harus dipraktikkan sekaligus pada satu aktivitas.

Tujuh aspek praktika informatika itu adalah seperti berikut.
Membina budaya kerja masyarakat digital dalam tim yang inklusif.
Berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema Komputasi.
Mengenali dan mendeinisikan persoalan yang penyelesaiannya dapat didukung dengan sistem komputasi.
Mengembangkan dan menggunakan abstraksi.
Mengembangkan artefak komputasi, misalnya membuat program sederhana untuk menunjang model komputasi yang dibutuhkan di pelajaran lain.
Mengembangkan rencana pengujian, menguji, dan mendokumentasikan hasil uji artefak komputasi.
Mengomunikasikan suatu proses, fenomena, solusi TIK dengan mempresentasikan, memvisualisasikan, dan memperhatikan hak kekayaan intelektual.

Bekerja dalam kelompok akan mencakup hampir semua aspek tersebut dan hasil kerja kelompok akan dipaparkan, baik secara lisan, menjadi bahan presentasi, poster, atau karya lainnya. Di zaman digital, komunikasi grafis visual memudahkan informasi tersampaikan. Oleh karena itu, Peserta Didik perlu berlatih berkomunikasi lisan, tertulis, maupun menyiapkan bahan paparan dalam bentuk grafis



 

Senin, 20 Mei 2024

Materi Pembelajaran TIK-Informatika kelas 8 Semester Genap "Berpikir Komputasional", Senin 20 Mei 2024

Assalammualaikum Wr. Wb..

Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian...
Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 8 hari ini Senin 20 Mei 2024, Pada  Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang Berpikir Komputasional
. Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,. 

 

SK :  Berpikir Komputasional

 

KD : 

  • 3.8 Berpikir Komputasional untuk persoalan komputasi yang lebih kompleks dari sebelumnya  
  • 4.8. Menyelesaikan persoalan-persoalan komputasi yang mengandung jejaring, pola, dan algoritmik.

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu : 

  • Mengenal lingkungan eksekusi : pelaku, primitif gerakan, menuliskan instruksi terhadap konsep berpikir Komputasional
  • Siswa mampu menjelaskan konsep otomasi. 
  • Siswa mampu mendefinisikan variabel, memori dan memanipulasi nilai/value Siswa mampu memrogram yang mengenal kondisi

Indikator Pembelajaran :

  • Memahami dan mengenal konsep berpikir Komputasional
  • Memahami dan Menerapkan konsep dekomposisi, Pengenalan Pola, Abstraksi dan Algoritma dalam menganalisis dan solusi permasalahan. 
  • Menyelesaikan persoalan komputasi yang mengandung jejaring, pola, dan algoritmik yang lebih komplek dari sebelumnya.
  • Menumbuhkan budaya informatika dan TIK dengan mengaplikasikan konsep berpikir komputasional untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang ditemukan.
  • Melakukan kolaborasi telematika dalam mengerjakan berbagai persoalan yang ditemukan.

BERPIKIR KOMPUTASI
Kodifikasi Boolean
(Pertemuan 4) 

Kodifikasi Boolean : Soal Bebras Area Parkir

Terdapat 12 tempat untuk parkir mobil di sebuah area parkir. Setiap tempat diberi nomor. Gambar di bawah ini menunjukkan kondisi area parkir pada hari Senin dan pada hari Selasa.


Mobil yang parkir (pada hari Senin maupun Selasa) pasti akan parkir di tempat yang tergambar.

Pertanyaan :

Berapa banyak tempat parkir yang tidak pernah terisi mobil pada hari Senin maupun hari Selasa?

STRUKTUR DATA : KATA RAHASIA

Penjelasan :

Pertama dapat dilakukan pengamatan tempat mana saja yang dipakai mobil, dengan menggabungkan kedua hari tersebut. Lalu dihitung banyaknya tempat yang kosong.


Penjelasan

Kartu yang hanya terdapat satu huruf berarti adalah huruf pertama dari kata, 
Setelah menemukan huruf pertama, dilakukan pencarian kartu berikutnya yang mengandung huruf pertama pada bagian huruf bawah selanjutnya.

Jika masih ada yang belum dimengerti dari pembahasan materi diatas, siswa/i dapat menanyakan langsung kepada Guru mapel..

Trimakasih Wassalammualaikum Wr Wb....

Materi pelajaran T.I.K Kelas 9 Semester Ganjil "Sistem Jaringan Internet", Senin 14 Oktober 2024

Assalammualaikum Wr. Wb.. Semangat Pagi Siswa-siswi Sekalian....  Saatnya kita masuki pembelajaran TIK Kelas 9 hari ini Senin 14 Oktober 2...