KD 3.3 PERANAN TIK DALAM KEHIDUPAN
(PEMBAYARAN DIGITAL, E-Goverment, Transportasi Berbasis Online)
Assalammualaikum Wr. Wb..
Semangat
Pagi Siswa-siswi Sekalian....
Saatnya
kita masuki pembelajaran TIK Kelas 7 hari ini Kamis 19 November 2023, Pada Pembelajaran hari ini kita akan membahas tentang . Silahkan dibaca dan dipahami materinya serta ikuti instruksi diakhir materi pembahasan,
Tujuan Pembelajaran : Mengenal dan Memahami Teknologi pembayaran Secara digital, E-Goverment, dan Transportasi
berbasis Online serta pengaruh terhadap kehidupan manusia.
A.
Pembayaran Digital
Pembayaran digital adalah
semua cara pembayaran yang dilakukan dengan metode digital. Teknologi ini
berhasil menggeser metode tradisional menjadi metode cashless. Semua
transaksi dilakukan secara online melalui jaringan internet.
Beberapa manfaat digital
payment bagi generasi milenial antara lain:
1. Kenyamanan dan Aksesibilitas
Karena
kenyamanan dan kemudahan yang ditawarkannya.
2. Resiko
yang Lebih Rendah
Meski dilakukan secara online, ada sistem keamanan khusus
yang harus dilewati sehingga pembayaran tervalidasi. jika ada kesalahan, Anda hanya
tinggal melapor kepada pihak penyedia layanan pembayaran agar dana bisa
dikembalikan atau disalurkan ke tempat yang seharusnya.
3. Mudah Dilacak
4. Sistem transaksi yang mudah dan
dapat dilakukan secara universal selama masih berada dalam 1 wilayah negara
5. Keamanan transaksi lebih terjaga
dibandingkan dengan melakukan transaksi secara cash atau secara transfer
rekening pribadi
6. Penggunaan waktu dan tenaga
menjadi lebih simpel dan efisien.
7.
Transaksi lebih cepat
8.
Bebas Masalah
Tentang Uang Kembalian
9.
Lebih Praktis dan Dapat Dibawa Kemanapun Anda Pergi
Kekurangan
Sistem Pembayaran Non Tunai
1.
Adanya Pembatasan
2.
Resiko Hack
3.
Boros
4.
Butuh Akses Internet
Siapa saja pihak-pihak yang terlibat dalam fasilitas e-payment? Ada
beberapa pihak yang terlibat dalam penggunaan dan penyediaan fasilitas
e-payment, yakni:
- Pihak
pembeli yang melakukan pembayaran dengan metode e-payment
- Pihak
penjual yang menerima e-payment
- Issuer ,
berupa lembaga bank atau lembaga non bank
- Pihak
pengontrol regulasi (regulator), biasa pihak yang mengawasi dan mengatur
proses e-payment adalah pemerintah.
Contoh dari teknologi pembayaran digital antara lain :
1. T-Cash, Gojek, Gopay, OVO, I-Saku, Dana, dan sebagainya.
B. E-Goverment
E-Government
adalah penggunaan information and communication technology ( ICT ) untuk
meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan pihak – pihak lain. Penggunaan
ICT ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru, seperti G2C ( government to
citizen ), G2B ( government to business ) dan G2G ( inter – agency relationship
).
Pengertian E-government Menurut Para Ahli
- Krina(2003:
16-17) menyebutkan beberapa alat-alat ukur transparansi :
- Publikasi
kebijakan publik melalui sarana komunikasi : laporan tahunan, brosur,
leaflet, pusat informasi, telepon bebas pulsa, liputan media, iklan
layanan masyarakat, website, papan buletin, surat kabar lokal.
- Informasi
yang disajikan: layanan referensi, pemeliharaan data, laporan kegiatan
publik, prosedur pengaduan.
- Penanganan
keluhan: berita di kota dan media massa lokal, pemberitahuan, batas waktu
respon, pendapat dan survei pada isu-isu kebijakan publik, komentar dan
catatan atas rancangan undang-undang, survei pengguna jasa.
Keuntungan E-Government
Keuntungan yang paling diharapkan
dari e-government adalah dalam peningkatan kenyamanan, efisiensi dan
aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.
Manfaat E-Government Bagi
Masyarakat
Selain prestasi pemerintah dalam pelaksanaan pemerintahan yang lebih baik
sejak reformasi, tentu saja, implementasi e-government dapat memberikan manfaat
tambahan kepada masyarakat lebih:
- Meningkatkan
kualitas pelayanan pemerintah kepada para stakeholder (warga, bisnis, dan
industri), terutama dalam hal efektivitas dan efisiensi kinerja di
berbagai bidang kehidupan negara.
- Meningkatkan
transparansi, kontrol dan akuntabilitas pemerintah dalam rangka menerapkan
konsep good governance di pemerintahan (bebas korupsi).
- Secara
signifikan mengurangi total biaya administrasi, relasi, dan interaksi yang
dikeluarkan oleh pemerintah dan para pemangku kepentingan untuk keperluan
aktivitas sehari-hari.
- Memberikan
kesempatan bagi pemerintah untuk mendapatkan sumber-sumber pendapatan baru
melalui interaksinya dengan para pemangku kepentingan.
- Menciptakan
lingkungan masyarakat baru yang dapat secara cepat dan akurat menjawab
berbagai permasalahan yang dihadapi sejalan dengan berbagai perubahan global
dan trend yang ada.
- Memberdayakan
masyarakat dan pihak-pihak lain sebagai mitra pemerintah dalam proses
pembuatan kebijakan publik secara merata dan demokratis.
Kendala
E-Government
Salah satu kendala utama
dalam pelaksanaan e-government adalah :
1.
kurangnya
ketersediaan infrastruktur telekomunikasi.
2.
Jaringan
telepon masih belum tersedia di banyak tempat di Indonesia.
3.
Biaya
penggunaan jasa telekomunikasi masih mahal.
Model E-Goverment
1. Model G2C (Government-to-Citizen)
Model government to
citizen artinya hubungan antara pemerintah dengan masyarakat. menjadikan
pemerintah bertindak sebagai penyedia layanan umum dan informasi ke masyarakat serta dalam konteks pertukaran informasi antara
masyarakat ke pemerintah.
2. Model G2B (Government-to-Business)
Mode G2B ini dikhususkan
untuk semua hubungan pemerintah dengan pelaku bisnis yang ada. Model ini juga
sebagai sarana transaksi elektronik antara pemerintah sebagai penyedia informasi
yang diperlukan untuk bisnis.
Model satu ini lebih
diperuntukan dalam bidang pemasaran produk dan jasa kepada pemerintah, sehingga
lebih efisien.
3. Model G2G (Government-to-Government)
Model G2G ini diperuntukan hubungan yang
terjadi antar pemerintah baik pusat maupun daerah. Model ini bertujuan untuk
berkomunikasi dan bertukar informasi antar lembaga pemerintah melalui database yang terhubung
dengan instansi dan tentunya diakses secara online.
C. Transportasi Berbasis online
pengertian transportasi online adalah
suatu penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang berjalan dengan
mengikuti serta memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan (teknologi) berbasis
aplikasi dan online baik untuk pemesanan maupun pembayaran.
Jasa transportasi berbasis online
ini disebut juga dengan aplikasi ridesharing yang kemunculannya di Indonesia mulai marak
pada tahun 2014. Pada awal
kemunculannya dimulai oleh aplikasi Uber yang mengusung UberTaxi sebagai bisnis layanan transportasi berbasis aplikasi online.
Kemudian diikuti dengan
kemunculan Gojek, GrabBike, GrabTaxi, dan aplikasi berbasis onlinelainnya.
kelebihan
dan kekurangan dari transportasi online.
Kelebihan
11. Efektif dan efisien
Dalam pemesan sangat mudah dan
menghemat waktu. Kalau kita lihat, ojek/taksi pengkolan konsumen harus mencari
pangkalan ojek/taksi terlebih dahulu, sedangkan apabila menggunakan aplikasi
kita hanya memesan melalui hp dan tidak lama ojek/taksi akan dating
menghampiri.
22. Transparan Harga
Dari harga transporsi online dapat
kita ketahui terlebih dahulu di aplikasi sehingga kita tidak perlu menawar atau
melihat argo secara terus menerus. Hal ini memberikan rasa tenang terhadap
penumpang.
33. Menciptakan lapangan kerja
Transportasi online telah cukup
banyak menyeraap tenaga kerja, mulai dari mahasiswa, pengangguran, hingga ibu
rumah tangga.
44. Pendapatan driver banyak
Dari sisi kesejahteraan driver,
pendapatan dari transportasi online lebih banyak daripada gaji pns/karyawan
per-bulan. Biasanya driver mendapat penghasilan hingga 9juta rupiah per-bulan
karena bagi hasil antara driver dengan perusahaan transportasi online 80%-20%.
Kekurangan
11. Tidak dipungut pajak
Perusahaan transportasi online belum
dapat badan hukum karena masih belum ada regulasi Negara sehingga belum bisa
dikenakan pajak secara penuh.
22. Privasi
Nomor handphonae yang diberikan
kepada driver tidak sedikit disalahgunakan oleh driver sehingga menggagu
privasi penumpang.
33. Tidak bisa pindah tujuan
Karena penentuan tujuan melalui
aplikasi dan tidak bisa dirubah ketika penumpang sudah naik ojek/taksi online,
sahingga apabila pindah tujuan penumpang bisa dikenakan ongkos dobel.
Tugas...!
Silahkan Materi Di Rangkum ke dalam Catatan , kmudian hasilnya dikirimkan
kepada guru bidang studi disertai foto selfie sedang merangkum...
terima kasih..